Inilah Perbedaan Suku Aztec, Maya, dan Inca

By willa widiana, Selasa, 31 Oktober 2017 | 08:39 WIB
Huitzilopochtli, Dewa Suku Aztec (willa widiana)

Suku Aztec, Maya, dan Inca memang tinggal di Amerika. Tetapi, ketiga suku itu punya perbedaan, lo, Teman-teman. Apa saja perbedaannya? Inilah perbedaan suku Aztec, Maya, dan Inca.

Tempat Tinggal

Meski sama-sama tinggal di Benua Amerika, ketiga suku ini tinggal di tempat yang berbeda. Suku Aztec tinggal di daerah Meksiko bagian tengah. Suku Maya tinggal di Meksiko bagian selatan, hingga Guatemala, Belize, dan El Salvador bagian utara. Kalau suku Inca tinggal di daerah Peru hingga ke Chili.

Beda Peraturan

Pemimpin Suku Aztec, Maya, dan Inca punya cara yang berbeda dalam mengatur wilayah kekuasaannya.

Suku Aztec membagi wilayahnya menjadi beberapa provinsi. Setiap provinsi dikuasai oleh daerah yang paling besar. O iya, setiap provinsi punya peraturan yang berbeda-beda. Perbedaan peraturan itu tidak jadi masalah, selama setiap provinsi itu hormat kepada Kekaisaran Aztec. Mirip seperti Indonesia, ya!

Suku Maya juga membagi wilayahnya menjadi beberapa provinsi. Tetapi, setiap provinsinya punya pemimpin yang berbeda-beda. Mirip seperti Eropa, ya! Satu benua terdiri dari banyak negara dan pemimpin.

Suku Inca punya daerah yang sangat luas. Tetapi, mereka mengatur daerahnya dengan sistem kerajaan. Jadi, Suku Inca hanya punya satu daerah penguasa dan satu pemimpin. Semua kegiatan harus dilaporkan kepada pemimpin yang berkuasa.

Kepercayaan

Ketiga suku di atas punya kepercayaan yang berbeda-beda.

Suku Aztec menganggap Matahari sebagai hal penting dalam agama mereka. Menurut mereka, matahari harus diberi pengorbanan berupa manusia, supaya kuat bersinar. Selain Matahari, Suku Aztec juga punya satu dewa yang dianggap paling berkuasa, namanya Huitzilopochtli.

Suku Maya percaya terhadap beberapa dewa alam. Tetapi, yang paling mereka hormati adalah Dewa Api bernama Itzamna. Menurut mereka, Dewa Api adalah dewa yang menciptakan Bumi dan penguasa surga.