Kenapa Perut Terasa Mulas Saat Kita Gugup?

By Yomi Hanna, Rabu, 1 November 2017 | 07:17 WIB
Perut mulas saat gugup, kenapa, ya? (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman pernah merasa gugup atau panik? Apakah itu mungkin saat kita berhadapan dengan orang asing, berdiri di depan kelas, atau pun mengerjakan sesuatu yang sulit. Saat gugup, biasanya reaksi yang kita rasakan adalah sakit perut atau mulas. Penyebabnya apa, ya?

Disebabkan Sistem Saraf Tubuh

Dalam Harvard Mental Health Letter tahun 2010, dituliskan bahwa penyebabnya adalah sistem saraf informal yang terdapat di dalam tubuh kita. Sistem saraf ini dikenal sebagai brain-gut axis (sumbu otak-usus).

Baca juga : 5 Tips Mengatasi Stres dan Rasa Tertekan

Pada umumnya, otak kita berkomunikasi dengan seluruh tubuh melalui sistem saraf yang terdiri dari beberapa komponen utama. Salah satunya adalah sistem saraf enterik. Saraf ini bertugas untuk membantu mengatur proses pencernaan.

Terjadi Gangguan Sistem Pencernaan

Lalu berdasarkan tulisan yang ada di laman Harvard Medical SchoolI, dikatakan bahwa saat tubuh kita gugup atau panik, proses pencernaan di tubuh kita otomatis akan melambat bahkan terkadang dapat berhenti. Ini terjadi agar tubuh kita bisa mengerahkan seluruh energi untuk menghadapi gangguan psikologis seperti rasa gugup tersebut.

Baca juga : Mengapa Perut Berbunyi Saat Lapar?

Nerveous Stomach

Saat kita merasa gugup atau panik, proses gangguan pencernaan pun terjadi. Lalu otak kita akan banyak melepaskan asam ke dalam perut. Perut akan terasa kembung, perih, mendadak mulas ingin buang air besar atau kecil. Keadaan seperti ini dikenal dengan nama perut gugup atau nerveous stomach.