Bumi Dilindungi oleh 5 Lapisan Udara

By willa widiana, Rabu, 1 November 2017 | 09:11 WIB
Ternyata, Bumi Dilindungi oleh 5 Lapisan Udara (willa widiana)

Teman-teman pasti sudah tahu kalau Bumi itu dilindungi oleh lapisan udara yang bernama atmosfer. Ternyata... atmosfer itu terdiri dari lima lapisan udara. Setiap lapisan punya nama dan fungsi yang berbeda-beda, lo!

Penasaran dengan lima lapisan udara yang melindungi bumi? Langsung kita cari tahu saja, yuk!

Troposfer

Lapisan yang paling dekat dengan bumi bernama troposfer. Lapisan udara yang satu ini ada di atas pemukaan bumi, hingga 12 kilometer ke atas. Sesuatu yang berhubungan dengan cuaca, seperti petir, angin kencang, hujan, dan awan terjadi di lapisan ini.

Ketinggian troposfer di setiap daerah berbeda-beda. Di daerah khatulistiwa, troposfernya bisa mencapai 16 kilometer. Kalau di daerah kutub, troposfernya hanya 8 kilometer. O iya, suhu di lapisan ini akan turun 0,5 derajat setiap naik 100 meter.

Stratosfer

Lapisan kedua yang melindungi Bumi ini namanya stratosfer. Lapisan ini ada di ketinggian 12 – 60 kilometer di atas permukaan bumi. Udara di sini sangat kering, karena tidak mengandung uap air atau awan. Semakin tinggi, suhu di lapisan ini juga akan semakin panas.

O iya, di bagian atas lapisan ini ada lapisan ozon. Lapisan ozon ini tugasnya menyerap sinar matahari yang cukup panas. Nah, hal inilah yang membuat bagian atas dari lapisan stratosfer lebih panas, daripada lapisan di bagian bawahnya.

Mesosfer

Lapisan udara pelindung Bumi yang paling tengah, namanya mesosfer. Lapisan ini ada di ketinggian 60 – 80 kilometer di atas permukaan bumi. Lapisan ini mengandung udara yang bermuatan listrik. O iya, suhu di lapisan udara ini bisa mencapai -100 derajat celcius.

Suhu yang dingin itu bisa membuat benda langit yang akan jatuh ke bumi pecah, sehingga tidak membahayakan bumi lagi. Kenapa bisa pecah? Benda langit seperti asteroid punya suhu yang panas. Saat terkena udara dingin, benda panas akan terbelah dan pecah.

Termosfer