Serba-serbi Zat Besi

By willa widiana, Jumat, 3 November 2017 | 07:47 WIB
Zat besi bisa kita dapatkan dari daging dan sayuran hijau. (willa widiana)

Teman-teman pasti sering mendengar kata zat besi. Sebenarnya... zat besi itu apa, ya? Lalu, gunanya untuk apa? Agar tidak penasaran, kita cari tahu bersama, yuk!

Alat Pengangkut

Zat besi adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi punya tugas yang cukup penting, salah satunya adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. O iya, zat besi juga punya tugas mengangkut elektron di dalam tubuh.

Di mana kita bisa mendapatkan zat besi?

Zat besi bisa kita dapatkan dari daging sapi, daging ayam, daging kambing, dan sayuran hijau seperti bayam. Di antara semua makanan itu, daging sapi punya kandungan zat besi yang paling besar. Perbandingannya seperti ini:

Zat besi dalam 1 potong daging sapi = zat besi dalam 3 potong daging ayam

Zat besi dalam 1 potong daging sapi = zat besi dalam 9 potong daging ikan

Zat besi dalam 1 potong daging sapi = zat besi dalam 1,75 kilogram bayam

Baca juga: Sumber protein pengganti daging sapi.

Beda Jenis

O iya, Teman-teman, zat besi yang ada di dalam daging sapi berbeda dengan zat besi yang ada di dalam bayam. Zat besi di dalam bayam bernama non heme, sedang zat besi di dalam daging sapi bernama heme. Zat besi non heme yang ada pada bayam itu lebih sulit untuk diserap tubuh, lo!

Beda Kebutuhan

Kebutuhan zat besi pada setiap orang berbeda-beda. Semakin besar usia seseorang, semakin besar juga zat besi yang ia butuhkan.

Ilustrasi: Ode