7 Fakta Unik Siput Laut Warna-warni

By willa widiana, Senin, 6 November 2017 | 06:15 WIB
7 Fakta Seputar Nudibranch (willa widiana)

Nudibranch adalah siput laut yang punya warna yang indah. Selain punya warna yang indah, makhluk laut yang satu ini juga punya fakta yang seru, lo! Berikut 7 fakta seputar nudibranch, siput laut yang indah!

Fakta 1

Nudibranch punya insang di luar tubuhnya. Insang itu berwarna-warni dan beberapa mengandung racun. Warna dan racun pada insang nudibranch berasal dari makanan yang mereka makan. Untuk lebih lengkapnya, Teman-teman bisa membacanya di sini!

Fakta 2

Nudibranch punya dua buah tanduk di kepalanya, tanduk itu bernama rhinophores. Tanduk itu adalah alat untuk mendeteksi zat kimia yang ada di sekitarnya. Dengan tanduk ini, nudibranch bisa  menemukan zat kimia yang berasal dari makanan dan teman mereka.

Fakta 3

Nudibranch itu ada 3.000 spesies. Dari sekian banyak spesies nudibranch, 2 spesies nudibranch bisa mengeluarkan suara yang cukup keras. Suara yang dikeluarkan oleh kedua nudibranch itu mirip seperti kawat yang mengetuk toples. Para ilmuwan sudah mengetahui hal ini sejak 1884, tetapi para ilmuwan belum tahu fungsi dari suara yang dikeluarkan oleh kedua nudibranch itu.

Baca juga: Apa perbedaan siput dan bekicot?

Fakta 4

Nudibranch termasuk hewan hemaprodit. Tetapi, mereka tetap harus mencari pasangan supaya bisa bertelur. Telur nudibranch disimpan dalam selaput transparan. Selaput berisi telur ini akan diletakkan di sekitar terumbu karang. Induk nudibranch meletakkan selaput berisi telur secara melingkar, sehingga bentuknya mirip bunga di terumbu karang. Unik, deh, pokoknya.

Fakta 5

Kebanyakan nudibranch berjalan dengan perutnya di dasar laut. tetapi, ada juga nudibranch yang bisa berenang dan hidup di permukaan air, mirip seperti ubur-ubur. Nudibranch jenis ini biasanya memiliki tentakel yang bisa menyengat.

Fakta 6