9 Fakta Unik Kuda Nil, Si Berat yang Tak Punya Kelenjar Keringat

By Lila, Senin, 6 November 2017 | 06:55 WIB
Kuda Nil (Lila)

Mendengar kata kuda nil, kita langsung membayangkan binatang besar yang sedang berendam di air, ya. Kalau kita pergi ke kebun binatang pun, biasanya akan menemukan kuda nil sedang berendam. Padahal, banyak fakta tentang kuda nil selain hobi berendamnya. Yuk, kita mengenal lebih dekat tentang binatang yang satu ini.

1. Penyuka Air

Binatang asal Afrika ini memang penyuka air. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berendam untuk menghindari cuaca yang panas. Saking senangnya pada air, melahirkan pun dilakukan kuda nil di dalam air. Pada siang hari, kuda nil biasanya berendam di dalam air atau lumpur secara berkelompok.

Baca: Wow, di Bulan Ada Air! Bisakah Dihuni?

2. Jago Berenang

Mereka juga jago berenang dengan kecepatan 8 km/jam, lo. Bahkan, kuda nil dewasa mampu menahan napas selama 3-5 menit, sebelum muncul kembali di permukaan untuk bernapas.

3. Makan pada Malam Hari

Setelah senja, barulah kuda nil naik ke darat untuk merumput. Kuda nil menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan. Setiap malam, kuda nil menghabiskan 36 kilogram rumput. Tak heran badannya sangat besar, ya.

4. Binatang Darat Terbesar Ketiga

Berat tubuhnya yang bisa mencapai 4,5 ton dan panjang tubuhnya yang bisa sampai empat meter membuat kuda nil disebut sebagai binatang darat terbesar ketiga di dunia, setelah gajah semak Afrika dan badak putih.

5. Dapat Menyerang Kapan Saja

Meski berkaki pendek dan bobotnya sangat berat, kuda nil mampu berlari dengan kecepatan 30 km/jam dalam jarak pendek. Kuda nil tergolong hewan yang sangat agresif dan tidak dapat diprediksi. Binatang ini mampu menyerang manusia, lo. Jangan dekat-dekat kuda nil, ya.