Fakta Seru Sejarah, Mulai dari Dinosaurus Sampai Mumi

By willa widiana, Senin, 6 November 2017 | 11:18 WIB
Dinosaurus (willa widiana)

Sejarah merupakan alat untuk mengetahui dan memperkirakan, bagaimana kehidupan yang telah lalu berlangsung. Sejarah terkadang membingungkan dan membosankan. Kita jadi malas untuk membacanya. Tapi, Bobo yakin, kamu tidak akan bosan membaca fakta seputar sejarah yang satu ini.

1. Dinosaurus

Tulang dinosaurus (fosil) merupakan salah satu alat yang bisa membantu ilmuwan untuk mengetahui kehidupan dinosaurus di zaman dulu. Dengan tulang dinosaurus, kita bisa tahu ukuran tubuh mereka dan seberapa cepat mereka berlari.

Namun, tulang dinosaurus tidak bisa memberitahu kita apa warna kulit dinosaurus yang sebenarnya. Jika teman-teman pernah melihat dinosaurus berwarna hitam, abu-abu, hijau, atau kuning di TV, itu hanyalah sebuah perkiraan. Dinosaurus belum tentu berwarna seperti itu.

2. Tulisan Mesir

Bangsa Mesir kuno memiliki tulisan suci yang bernama hieroglif mesir. Untuk menjadi seorang jurutulis, seseorang harus mengikuti pendidikan yang cukup sulit. O iya, pendidikan tersebut juga hanya diperuntukan bagi keturunan bangsawan dan jurutulis.

Baca juga: Tengok kehidupan manusia purba, yuk!

Calon jurutulis itu akan mulai belajar sejak umur 9 tahun. Untuk menguasai cara membaca dan menulis tulisan hieroglif mesir, diperlukan waktu sekitar 5 tahun. Wah… benar-benar eksklusif sekali, ya, tulisan suci dari Mesir itu.

3. Peralatan Perang

Baju zirah atau baju besi merupakan salah satu peralatan perang yang cukup penting di masanya. Namun, selama bertarung memakai baju zirah wajah para ksatria akan tertutup, jadi mereka tidak bisa membedakan mana kawan dan mana lawan.

Untuk mengatasi hal itu, para ksatria dari setiap kerajaan biasanya menggambari perisai mereka dengan lambang tertentu. Dengan perisai itulah, pasa ksatria bisa tahu mana kawan dan mana lawan yang harus mereka kalahkan. Sedikit menyeramkan, ya, Teman-teman.

4. Peralatan Masak

Zaman dulu, sebuah daerah dipimpin oleh seorang raja. Ternyata, dapur dan alat pemanggang kerajaan biasanya diletakkan di tengah taman istana. Kenapa? Hal itu bertujuan untuk menghindari kebakaran. Wah... ternyata orang-orang sudah peduli dengan keselamatan sejak zaman dulu.