Kenapa Suara Kita Berubah Saat Beranjak Dewasa?

By Yomi Hanna, Sabtu, 11 November 2017 | 03:35 WIB
Kenapa suara manusia berubah? (Hanna Vivaldi)

Tahu kah teman-teman kalau suara akan berubah saat beranjak dewasa nanti? Apalagi suara anak laki-laki, akan sangat jelas terdengar perbedaannya. Namun perubahan suara ini tidak hanya terjadi pada anak laki-laki, lo. Perempuan juga akan mengalaminya, hanya saja perubahan suara anak laki-laki lebih menonjol dibandingkan perubahan suara anak perempuan.

Kenapa Suara Kita Berubah

Suara anak perempuan yang tadinya agak nyaring berubah menjadi lebih dalam. Sementara suara laki-laki berubah menjadi lebih rendah dan berat seperti suara laki-laki dewasa. Kenapa, ya, suara kita bisa berubah?

Baca juga : Ini Sebabnya Suara Manusia Terdengar Berbeda Jika Direkam

Laring Membesar

Kotak suara atau laring yang berada di tenggorokan dapat membesar seiring pertumbuhan menjadi dewasa. Bentuk laring seperti tabung yang terbentuk dari tulang rawan, tulang lunak seperti yang terdapat pada daun telinga dan hidung. Laring ini fungsinya untuk menghasilkan suara saat kita berbicara, menyanyi, tertawa, dan berteriak. Ada juga yang dinamakan pita suara yaitu berupa otot tipis seperti karet gelang yang melintang di seluruh laring.

Baca juga : Orang-orang di Balik Suara Tokoh Kartun

Pita Suara Semakin Panjang dan Tebal

Saat anak laki-laki beranjak dewasa, tubuhnya banyak menghasilkan hormon testosteron yang membuat laring bertumbuh dan membuat pita suara mereka semakin panjang dan tebal. Nah, semakin panjang dan tebal pita suara akan menyebabkan suara yang dihasilkan semakin rendah dan dalam.

Seperti saat kita bermain karet gelang yang ditarik dan diregangkan lalu kita petik, maka akan menimbulkan suara. Semakin tebal karet yang kita petik, maka suara dentingannya akan semakin rendah. Nah, cara kerja pita suara kita mirip seperti itu juga.

Masa Perubahan Suara

Setelah kita sudah dewasa, maka laring berhenti berkembang dan bertumbuh. Karena itu suara kita tidak akan mengalami perubahan lagi nantinya setelah dewasa. Masa perubahan suara pada setiap orang itu tidak sama, ada yang cepat dan ada juga yang lama.