Bagaimana Cara AC Menghasilkan Udara Dingin?

By Yomi Hanna, Minggu, 12 November 2017 | 03:05 WIB
Bagaimana cara kerja AC menghasilkan udara dingin? (Hanna Vivaldi)

Saat suhu di dalam ruangan sedang panas, biasanya kita akan merasa gerah dan berkeringat. Kondisi seperti ini sering kali membuat kita tidak nyaman. Karena itu, sebagian orang memerlukan alat pendingin ruangan, seperti kipas angin atau pun Air Conditioning (AC). Kalau kipas menghasilkan angin karena baling-baling yang berputar cepat, lalu bagaimana cara AC menghasilkan udara dingin?

Terjadi Karena Ada Proses Penguapan

AC mempunyai rahasia yang disebut sistem penguapan. Proses penguapan ini mirip seperti kondisi saat dokter atau perawat ingin menyuntik kita. Sebelum disuntik, biasanya dokter atau perawat akan mengoleskan alkohol di daerah tubuh yang akan disuntik. Setelah dioleskan, biasanya akan terasa sejuk dan dingin. Ini terjadi karena alkohol tadi sudah menguap dan menghilangkan panas tubuh.

Baca juga : Mungkinkah Mengubah Udara Menjadi Air?

Freon Berfungsi Sebagai Pendingin

Ketika cairan berubah menjadi uap, atau yang disebut dengan penguapan, maka panas yang ada di sekitarnya akan lenyap. Nah, cara kerja AC mirip seperti ini. Bedanya, AC menggunakan cairan sebagai pengganti alkohol. Alkohol dan Freon sama-sama bisa menguap dan berubah menjadi gas. Oleh sebab itu, Freon disebut juga sebagai pendingin.

Di dalam AC, Freon diubah menjadi gas yang dapat mendinginkan suhu panas untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk udara dingin.

Baca juga : Mengapa Kita Tidak Bisa Melihat Udara?

Dapat Merusak Lingkungan

Namun, tahukah teman-teman bahwa Freon ternyata bisa menyebabkan lapisan ozon menipis dan rusak? Nah, jika lapisan ozon ini rusak, maka bencana alam dan kerusakan lingkungan akan terjadi. Oleh sebab itu, saat ini para ilmuwan pun mencari penemuan alat pendingin baru yang tidak merusak lingkungan.