Tanaman Hidrogel yang Tumbuh Tanpa Tanah

By Yomi Hanna, Senin, 13 November 2017 | 07:15 WIB
Bola-bola hidrogel sebagai media tanam pengganti tanah (Hanna Vivaldi)

Kalau teman-teman melihat tanaman, biasanya tumbuh di atas tanah, bukan? Nah, selain di atas tanah, tanaman juga bisa tumbuh di media tanam yang lain, lo. Salah satunya adalah menggunakan hidrogel. Apa itu hidrogel?

Bola Hidrogel Mengandung Nutrisi untuk Tanaman

Hidrogel berupa media tanam berbentuk bola-bola kecil, yang terbuat dari kristal polimer. Kehebatan dari hidrogel ini adalah dapat menyerap dan menyimpan air serta berbagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Sehingga, kita tidak perlu sering-sering menyiram tanamanan karena cadangan makanannya sudah ada di dalam bulatan hidrogel tersebut.

Terlihat Cantik jika Ditaruh di Vas Transparan

Tanaman yang biasanya ditaruh di atas hidrogel adalah tanaman hias dengan kadar kelembaban yang tinggi. Tanaman tersebut sangat indah jika ditaruh di dalam vas yang transparan. Karena butiran hidrogel biasanya bening dengan warna-warni yang cantik.

Baca juga : 5 Tanaman Unik dan Beracun

Agar Tanaman Hidrogel Awet

Hebatnya, hidrogel yang digunakan bisa bertahan selama 2 tahun. Kemudian setelah itu, hidrogelnya akan hancur sendiri  untuk kemudian dapat digunakan sebagai pupuk. Namun, kita perlu menjauhkan tanaman hidrogel dari sinar matahari serta menjaga kelembaban suhu ruangan tempat  tanaman tersebut diletakkan, ya. Ini dilakukan untuk mencegah jamur dan lumut yang akan merusak hidrogel.

Apakah teman-teman ingin menanam tanaman hidrogel di rumah? Sepertinya seru melihat tanaman tumbuh di atas bola-bola hidrogel yang berwarna-warni.