Jajanan Khas Semarang yang Enak dan Unik

By willa widiana, Sabtu, 18 November 2017 | 03:22 WIB
Pisang Plenet (willa widiana)

Teman-teman pernah pergi ke Semarang? Jika belum, cobalah kunjungi kota itu. Di sana ada beberapa jajanan khas Semarang yang enak dan unik, lo!

Pisang Plenet

Pisang plenet adalah pisang kepok yang dibakar di atas arang. Setelah itu, pisang akan ditekan-tekan dengan papan kecil hingga berubah menjadi pipih. Beberapa penjual biasanya menambahkan gula halus, keju, cokelat, hingga nanas.

Pisang yang digunakan hanya pisang kepok raja. Pisang ini memiliki rasa yang manis dan berwarna kuning. O iya, biasanya para penjual pisang plenet hanya menjajakan dagangannya dari sore hingga tengah malam saja.

Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah kuliner khas Semarang yang bisa Teman-teman jadikan camilan. Kuliner ini terbuat dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung dan memiliki gurih, manis, dan juga pedas).

Semua bahan itu akan dipotong-potong dan dicampur menjadi satu dengan bumbu petis udang. O iya, penjual tahu gimbal bisanya memotong bahan-bahan di atas menggunakan gunting besi, unik, ya!

Baca juga: 3 Kuliner yang Wajib Dicicipi Saat ke Bangka

Wedang Tahu

Wedang tahu ini terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan bubuk agar-agar, sehingga menjadi kembang tahu. Kembang tahu itu akan diberikan kuah yang terbuat dari jahe, gula merah, gula putih, cengkeh, dan kayu manis.

Konon, hidangan yang bisa mengobati masuk angin dan sakit tenggorokan ini berasal dari Tiongkok. Bahkan, orang yang pertama kali menjual hidangan ini adalah seorang imigran dari Tiongkok yang bernama Ong Kiem Nio.

Es Puter

Es puter adalah buah-buahan parut yang dicampur dengan es. Konon, hidangan es puter ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat kita mengunjungi Semarang.