Rekor Dunia dari Burger

By Aan Madrus, Rabu, 15 November 2017 | 03:30 WIB
hamburger terbesar yang dijual di restoran. (Aan Madrus)

Hamburger atau burger adalah roti bundar yang diiris dua. Lalu di antara dua potongan itu disisipkan steak daging giling, selada tomat, bawang bombay dan saus. Burger adalah makanan yang disukai banyak orang. Dari burger itu dibuatlah berbagai kegiatan. Inilah rekor dunia dari berbagai kegiatan dengan burger!

Burger Terbesar di Dunia

Burger terbesar di dunia dibuat pada tanggal 9 Juli 2017 yang lalu di Niederbayern, Jerman. Hamburger seberat 1.114 kg itu dibuat oleh Wolfgang Leeb, Tom Reicheneder, Rudi Dietl, Josef Zellner, Hans Maurer, dan Christian Dischinger.

Burger itu garis tengahnya 1,8 meter. Terbuat dari 1.000 kg daging giling, 70 kg tomat, 80 kg selada, 50 kg mentimun, bawang bombay, saus burger, dan roti. Untuk membuat burger itu diperlukan waktu 6 jam.

Baca juga: Asal Mula Hamburger

Burger Terbesar yang Dijual di Restoran

Burger terbesar yang dibuat untuk dijual, beratnya 352,44 kg. Burger itu dijual di restoran Juicys Foods and Ovations Foodservices for Juicys Outlaw Grill. Restoran yang terletak di Corvallis, Oregon, Amerika Serikat ini memasukkan burger terbesar itu ke dalam daftar menu selama lebih dari 1 tahun. Burger itu dijual dengan harga $5.000 atau sekitar Rp67.500.000. Untuk menyiapkan burger itu diperlukan waktu sekitar 48 jam. Satu hamburger terjual pada tanggal 2 Juli 2012.

Burger Termewah

Banyak orang suka burger. Mungkin kamu salah satunya. Tapi, relakah kamu membeli sebuah burger ukuran normal seharga $3600 atau sekitar Rp31.500.000? Burger semahal itu adalah burger hasil karya Chef Diego Buik. Ia seorang chef dari restoran South of Houston di The Hague, Belanda.

Burger itu sangat mewah. Berikut bahan-bahannya:

  1. Daging sapi wagyu dari Jepang.
  2. Lobster yang telah direndam dengan anggur Hermit gin yang sudah berumur lebih dari seratus tahun. 
  3. Foie gras, yaitu makanan yang terbuat dari hati angsa yang dimasak secara khusus.
  4. White truffle, yaitu sejenis jamur yang harganya puluhan juta per kilogramnya.
  5. Keju remeker, yaitu keju yang mendapat penghargaan sebagai keju terbaik dunia.
  6. Tomat dari Jepang dan letus dari Prancis.
  7. Kaviar, yaitu olahan dari telur ikan tertentu.Harganya perkilo bisa mencapai $5.000 atau sekitar 67 juta rupiah
  8. Prioche bun, yaitu roti tradisional prancis yang lembut yang diberi saffron. Saffron adalah rempah-rempahan termahal di dunia.

Wow … pantas saja burger itu harganya mahal. Bahan-bahannya benar-benar pilihan, sangat berkualitas, dan berkelas dunia. Ada satu hal lagi yang membuat burger itu mahal harga, yaitu penutupnya. Yap, burger itu ditutup dengan gold Leaf, yaitu lembaran yang terbuat dari emas 24 karat

Makan Burger Tercepat