8 Fakta Unik Negara, dari yang Paling Tua sampai Paling Sepi

By willa widiana, Minggu, 19 November 2017 | 06:35 WIB
8 Negara ()

Di dunia ada ratusan negara. Dari ratusan negara itu, ada delapan negara yang mendapat julukan negara "paling..." di dunia. Berikut ke delapan negara itu!

1. San Mario - Negara Paling Tua

San Mario sudah ada sejak 3 September 301. Jadi, ia menjadi negara paling tua di dunia. Sebagian besar dari negara ini adalah pegunungan. Gunung Titano adalah puncak tertinggi dari negara ini. Letaknya sekitar 749 meter di atas permukaan laut.

2. Sudan Selatan - Negara Paling Muda

Dulunya, Sudan Selatan adalah bagian dari Republik Sudan. Namun, karena ada perang saudara, Sudan Selatan pun memisahkan diri dari Republik Sudan. Sudan Selatan resmi menjadi sebuah negara pada 9 Juli 2011. Akhirnya, Sudan Selatan pun mendapat julukan negara paling muda di Afrika dan dunia.

3. Rusia - Negara Paling Besar

Wilayah Rusia mencapai 17.075.400 km2. Luas wilayah Rusia sama dengan seperdelapan daratan Bumi. Wilayah Rusia membentang dari timur Eropa hingga utara Asia. Gak salah, deh, kalau Rusia dijuluki negara paling besar di dunia. Selain punya wilayah yang luas, Rusia juga punya cadangan mineral dan sumber daya energi yang paling banyak, lo!

4. Vatikan - Negara Paling Kecil

Luas negara ini bertolak belakang dengan Rusia. Luas Vatikan hanya 0,44 km2 dan dijuluki negara paling kecil di dunia. O iya, negara Vatikan ada di dalam Kota Roma, Italia. Unik, ya! Meski kecil, Vatikan merupakan pusat Gereja Katolik di dunia, lo!

5. Swiss - Negara Paling Bersih

Swiss tak hanya terkenal sebagai negara penghasil cokelat, tapi juga negara paling bersih di dunia. Keadaan air dan udara di Swiss sangat bersih.

Penggunaan pestisida di Swiss juga sangat terjaga. O iya, jika ada warga atau wisatawan yang buang sampah sembarangan, ia akan dikenai denda mulai dari Rp500.000,00 - Rp2.300.000,00 banyak juga ya.