5 Perpustakaan Tertua di Dunia

By willa widiana, Selasa, 21 November 2017 | 08:05 WIB
Perpustakaan Biara St. Catherine (willa widiana)

Zaman dulu belum ada internet, jadi segala sesuatu harus dicari di perpustakaan. Karena dibutuhkan oleh banyak orang, beberapa orang atau kerajaan pun mendirikan perpustakaan. Kini, sudah banyak perpustakaan yang berdiri di seluruh dunia. Dari sekian banyak perpustakaan, lima di antaranya punya umur ratusan tahun, lo!

Berikut 5 perpustakaan tertua di dunia!

1. Perpustakaan Biara St. Catherine

Perpustakaan yang ada di Gunung Sinai, Mesir ini sudah ada sejak tahun 565. Meski ada di tempat terpencil, perpustakaan ini menyimpan 3.500 naskah kuno. Naskah dan buku yang ada di perpustakaan ini kebanyakan ditulis dalam bahasa Yunani, Arab, Armenia, Koptik, Ibrani, Georgia, dan Aram.

2. Perpustakaan Al Qarawiyyin

Perpustakaan ini merupakan bagian dari Universitas Al Qarawiyyin, di Fez, Maroko. Perpustakaan ini didirikan oleh Fatima al-Fihri, pada tahun 859. Perpustakaan Al Qarawiyyin baru dibuka untuk umum pada tahun 2016.

Di perpustakaan ini, ada sekitar 4.000 naskah kuno yang ditulis dengan tangan (manuskrip). Naskah kuno itu masih asli, jadi semuanya disimpan di  ruangan khusus yang memiliki empat kunci. Setiap kunci dipegang oleh orang yang berbeda. Jika ingin masuk ke dalam ruangan itu, keempat pemegang kunci harus ada di sana untuk membukanya bersama-sama.

Baca juga: 3 Perpustakaan dengan Desain Keren di Dunia

3. Perpustakaan Universitas Sorbonne

Universitas Sorbonne didirikan pada tahun 1257. Kalau perpustakaannya didirikan pada tahun 1289. Pada tahun 1770, nama universitasnya diubah menjadi Universitas Paris. Seiring berjalannya waktu, perpustakaan ini dikelola oleh lima universitas. O iya, koleksi buku di perpustakaan ini mencapai 2 juta buah, lo! Banyaknyaaa!

4. Perpustakaan Nasional Prancis

Perpustakaan ini dibangun oleh Charles V pada tahun 1368. Beliau termasuk orang yang suka mengumpulkan buku. Dulu, perpustakaan ini merupakan perpustakaan kerajaan. Namun, lama kelamaan, perpustakaan ini diubah menjadi perpustakaan umum. Perpustakaan ini memiliki 14 juta koleksi yang terdiri dari buku, naskah kuno, jurnal, majalah, koran, dan masih banyak lagi

5. Perpustakaan Katedral Hereford