Pohon Kemenyan, Tumbuhan Penghasil Getah Kemenyan Asli Indonesia

By Yomi Hanna, Rabu, 22 November 2017 | 08:05 WIB
Pohon Kemenyan penghasil getah kemenyan (Hanna Vivaldi)

Apakah yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata kemenyan? Yap, hampir semua orang menghubungkan kemenyan dengan hal-hal yang berbau mistis. Namun, tahukah teman-teman? Kemenyan ternyata dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya, lo. Yuk, kita telusuri serba-serbi seputar pohon kemenyan yang merupakan pohon asli Indonesia ini!

Pohon yang Populer Sejak Ratusan Tahun yang Lalu

Pohon kemenyan merupakan pohon yang menghasilkan getah kemenyan. Pohon ini dapat kita jumpai di pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Getah atau yang disebut juga dengan resin dari pohon kemenyan ini telah diperjual belikan sejak 5.000 tahun yang lalu, lo. Kemenyan pun menjadi hasil alam nusantara yang populer sejak beratus-ratus tahun yang silam.

Pohon kemenyan yang ada di Indonesia disebut dengan Kemenyan Durame (Styrax Benzoine), Kemenyan Bulu (Styrax Benzoine var. hiliferum), Kemenyan Toba (Styrax paralleloneurum), dan Kemenyan Siam (Styrax Tokinensis). 

Mengenal Pohon Kemenyan Asli dari Indonesia

Jenis Kemenyan Durame adalah tumbuhan asli dari Indonesia yang tumbuh subur di daerah Jawa, Sumatra, dan Bangka Belitung. Tidak hanya di Indonesia, pohon ini juga tersebar di Malaysia, Vietnam, Laos, dan Thailand. Sedangkan Kemenyan Bulu dan Kemenyan Toba terdapat di Sumatra dan Malaysia.

Pohon kemenyan memiliki tinggi sekitar 24-40 meter dengan diameter batang mencapai 60-100 cm. Batang pohon kemenyan biasanya tumbuh lurus dengan sedikit percabangan. Kulitnya berwarna merah anggur dengan alur yang tidak dalam di permukaan kulitnya. Kayu bagian dalam dari pohon ini berwarna putih.

Manfaat Getah Kemenyan                                                 

Manfaat pohon Kemenyan sebagai penghasil resin atau getah sudah dikenal sejak dahulu kala. Getah Kemenyan sudah banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan sejak abad ke-14. Getah Kemenyan menganding asam sinamat, asam benzoat, styrol, styracin, vanillin, coniferil sinamat, coniferil benzoat, serta resin yang mengandung benzoaresinol dan sumaresinotannol.

Seperti yang kita tahu, bahwa getah Kemenyan digunakan sebagai perlengkapan ritual-ritual tradisional, yaitu sebagai sesajen atau pun dupa. Selain itu, manfaat getah Kemenyan lainnya adalah dapat dijadikan sebagai aroma parfum, aroma terapi, bahan pengawet, bahkan dapat digunakan sebagai bahan campuran kosmetik.

Jadi, begitulah serba-serbi Pohon Kemenyan, tumbuhan asli dari Indonesia ini. Apakah teman-teman sudah pernah menghirup aroma Kemenyan yang khas ini?