Inilah Manfaat Ngemil

By willa widiana, Kamis, 23 November 2017 | 08:05 WIB
Ngemil boleh, tapi pilih camilan yang sehat. (willa widiana)

Cemal cemil... cemal cemil... ngemil memang asyik. Selain asyik, ngemil juga ada manfaatnya!

Menahan Lapar

Dalam sehari, kita harus makan tiga kali. Pagi, siang, dan malam. Namun, kita punya banyak kegiatan, seperti belajar, bermain, dan berolahraga. Karena kegiatan itu, kita jadi suka lapar sebelum waktu makan tiba.

Teman-teman jangan khawatir, rasa lapar sebelum jam makan bisa dihilangkan dengan cemilan. Tak hanya menghilangkan rasa lapar, cemilan juga bisa menggantikan energi yang hilang saat belajar, bermain, dan berolahraga.

Dua Kali

Dalam sehari, kita disarankan ngemil dua kali. Ngemil pertama antara sarapan dan makan siang (sekitar jam 10). Ngemil kedua, antara makan siang dan makan malam (sekitar jam 3).

Sehat dan Seperlunya

Cemilan memang diperlukan, namun kita tetap harus memilih camilan yang sehat. Camilan yang sehat itu ada banyak, misalnya buah, sayuran kukus, sereal gandum juga bisa dijadikan camilan yang cukup sehat.

Baca Juga: Bawa Bekal Junk Food, Boleh atau Tidak?

Selain sehat, kita juga harus tahu aturan saat makan cemilan. Jika kita sudah kenyang dengan makan setengah buah apel, maka berhentilah ngemil. Jika dipaksakan makan satu buah apel, takutnya kita jadi kekenyangan. Kalau kekenyangan, kita malah malas makan. Jadi, makan camilan seperlunya saja, ya!

Nah, Teman-teman, itulah manfaat ngemil yang sesungguhnya. Jadi, mulai sekarang, jangan takut ngemil. Selama cemilannya sehat dan pas, tidak masalah, kok!

Teks: Lita/Willa, Ilustrasi: Ode