Mengenal Aneka Jenis Kimchi

By Eka Kartika, Kamis, 23 November 2017 | 09:45 WIB
Bossam Kimchi, Foto: Thongtinhanquoc.com (Eka Kartika)

Menurut catatan Museum Kimchi Pulmuone di Seoul, kimchi memiliki 187 hingga 200 jenis. Ingin tahu jenis-jenis kimchi? Mari kita sama-sama cari tahu beberapa di antaranya!

Bossam Kimchi, Mirip Asinan Buah Indonesia

Jika dilihat sekilas, kimchi yang satu ini hampir mirip dengan sajian asinan buah yang ada di Indonesia. Bossam kimchi terbuat dari beraneka jenis buah, kacang-kacangan, serta seafood yang diberi bumbu bubuk cabai, bawang putih, dan minyak ikan.

Semua bahan itu kemudian akan dibungkus dengan sawi putih dengan teratur dan rapi. Kimchi bossam memiliki tingkat kesulitan paling tinggi di antara pembuatan kimchi lainnya.

Baca juga: Kisah Kimchi di Korea

Sseumbagwi Kimchi, Rasanya Pahit dan Berwarna Gelap

Kimchi berwarna gelap ini unik, teman-teman. Biasanya kimchi terbuat dari sayuran, tapi kimchi satu ini terbuat dari akar sayur selada.

Walaupun dari akar, rasanya tetap sama, yaitu asam, pedas, dan ada rasa pahitnya. Kimchi akar selada dipercaya mempunyai banyak khasiat. Sama seperti kimchi sawi putih dan lobak, kok.

Gat Kimchi – Baechu Kimchi, Serupa Tapi Tak Sama

Gat kimchi sebenarnya hampir sama dengan baechu kimchi. Keduanya sama-sama terbuat dari sayuran sawi. Hanya saja, yang membedakan dari keduanya adalah warna dari sayuran yang ada di dalamnya. Gat kimchi memakai sawi hijau, sementara bahan baechu kimchi adalah sawi putih.

Gat kimchi banyak dibuat di Korea Selatan dan paling populer di Provinsi Cholla. Sedangkan Baechu kimchi, lebih banyak dikenal di luar korea selatan dan paling sering dibuat dalam tradisi gimjang (membuat kimchi secara missal).

Baca juga: Fakta Seputar Kimchi