Serunya Balapan di The Great Lego Race, VR Coaster Pertama di Dunia

By Iveta Rahmalia, Kamis, 23 November 2017 | 09:08 WIB
Wahanan permainan VR Coaster pertama di dunia ada di Legoland Theme Park Malaysia. (Iveta Rahmalia)

Sekilas, wahana ini tampak seperti roller coaster biasa. Ada lintasan tinggi yang berliku, menanjak, dan menurun. Namun ternyata, wahana ini adalah gabungan dari roller coaster dan teknologi virtual reality (VR), lo! Seperti apa, ya? Yuk, kita tengok!

Wahana permainan ini dinamai The Great Lego Race VR Coaster. Yap, permainan ini ada di Legoland Malaysia Resort. Ini adalah VR Coaster pertama di dunia, lo!

Sebelum menaiki coaster atau papan luncur, petugas terlebih dahulu menjelaskan cara memakai VR headset. Setelah itu, kita tinggal menunggu antrian untuk menaiki papan lucur. Begitu tiba giliran kita menaiki papan luncur, kakak-kakak petugas akan membatu kita. Teman-teman tidak perlu khawatir.

(Baca juga: Keren, Ada Taman Bermain Virtual Reality Pertama di Tiongkok!)

Petugas akan memastikan kita mengenakan alat pengaman yang ada di papan luncur. Setelah semuanya dipastikan aman, barulah kita mengenakan VR headset.

Siap-siap! Begitu mengenakan VR headset, kita akan melihat gerbang masuk menuju dunia lego. Gerbang berwarna putih itu masih tertutup. Tak lama kemudian, terdengar suara “ready… set... Lego!”

Pintu gerbang pun dibuka, papan luncur melaju mengikuti lintasan yang berliku dan naik-turun. Kita telah memasuki dunia lego!

Di sini, kita berperan sebagai pembalap. Kita memasuki arena balap dan beradu dengan karakter lego seperti Trendsetter, Pharaoh, Surfer Girl, Wizard, dan Pirate Captain. Seru, deh!

Dalam balapan, kita akan melewati hutan, sungai, sampai terowongan yang gelap. Selain itu, kita akan dibuat berteriak karena lintasan papan luncur yang menurun cepat dan menanjak tinggi. Ditambah lagi, kita meluncur di lintasan yang tiba-tiba membuat papan luncur kita berbelok. Rasanya deg-degan!

Dunia lego yang kita masuki ini juga makin terasa nyata, karena terpaan angin yang mengenai wajah dan rambut saat melaju di lintasan papan luncur.

(Baca juga: Apa Bedanya Augmented Reality dan Virtual Reality?)

Di akhir balapan, kita disambut oleh tepuk tangan para penonton. Semuanya adalah karakter lego yang tersenyum gembira. Itulah akhir dari wahana ini. Balapan berlangsung antara 2-3 menit. Satu papan luncur dapat diisi oleh maksimal empat orang.