Gosok Gigi, Cara Ampuh Usir Bakteri di Mulut

By willa widiana, Jumat, 24 November 2017 | 06:15 WIB
Gosok Gigi, Cara Ampuh Usir Bakteri di Mulut (willa widiana)

Bakteri ada di mana-mana, termasuk tubuh manusia. Mulut, hidung, dan telinga termasuk bagian tubuh yang dihuni banyak bakteri. Bakteri yang ada di mulut berkembang biak lebih cepat saat kita tidur. Waduh... apa yang harus kita lakukan?

Gosok Gigi

Saat kita tidur, bakteri di mulut akan berkembang biak dengan cepat. Bakteri di mulut akan semakin banyak kalau di mulut kita ada sisa makanan yang menempel. Supaya hal itu tidak terjadi, jangan lupa gosok gigi sebelum tidur, di pagi hari, dan setelah makan.

Saat gosok gigi, bakteri yang ada di mulut kita akan berkurang cukup banyak. Saat jumlah bakteri berkurang, mulut jadi segar dan gigi jadi kuat. Namun, kalau kita tidak gosok gigi, mulut jadi lengket, gigi jadi kuning, dan napas jadi bau. 

Streptococcus mutans

Bakteri yang ada di mulut kita itu banyak. Namun, ada satu bakteri yang harus kita waspadai. Namanya Streptococcus mutans. Bakteri ini bisa mengubah sisa makanan manis menjadi plak. Plak bisa merusak lapisan gigi dan membuat gigi berlubang.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Merusak Gigi

Supaya bakteri ini tidak punya kesempatan membuat plak, segera bersihkan gigi sesaat setelah makan makanan manis. Membersihkan gigi bisa dilakukan dengan menggosok gigi atau minum air putih. Mudah, kan, caranya?

Nah, Teman-teman, mulai sekarang jangan malas untuk gosok gigi, ya! Selain mengusir bakteri, gosok gigi juga bisa membuat kita punya banyak teman. Coba bayangkan kalau mulut kita bau, pasti tidak ada yang mau berteman dengan kita.

Ilustrasi: Ode