Asal-Usul Kancing Baju Hingga Banyak Dipakai Saat ini

By Yomi Hanna, Sabtu, 25 November 2017 | 07:16 WIB
Sejarah kancing baju (Hanna Vivaldi)

Coba perhatikan kemeja seragam sekolah yang teman-teman punya. Di bagian depannya terdapat banyak kancing bukan? Zaman sekarang, kancing banyak dipakai dalam berbagai keperluan. Baik untuk pakaian, celana, tas, dan benda-benda lainnya. Bagaimana, ya, asal-usul kancing yang banyak digunakan saat ini?

Raja Prusia yang Tegas dan Disiplin

Berawal dari kejadian abad 18 di kerajaan Prusia, yaitu Kerajaan Jerman, yang waktu itu dipimpin oleh Raja Frederick Agung. Raja ini terkenal sangat tegas dan disiplin. Ia juga sangat menjaga kebersihan penampilan para pasukannya. Suatu saat, Raja Frederick melihat bagian lengan seragam prajuritnya sangat kotor dan dekil. Setelah diselidiki, ternyata seragam tersebut kotor karena kebiasaan prajuritnya yang suka menyeka wajah dengan ujung lengan saat mereka berkeringat.

Baca juga : Sejarah Batik di Indonesia

Kancing di Ujung Lengan Kemeja Prajurit

Sebagai solusinya, raja membuat peraturan baru. Semua ujung lengan prajuritnya harus diberi kancing. Sampai sekarang, kancing di ujung lengan kemeja masih banyak digunakan. Namun, waktu itu kancing masih terbuat dari kulit kerang atau beling. Sehingga saat kancing itu digunakan, wajah prajurit banyak mengalami lecet-lecet karena tergores kancing. Karena itu, kancing di zaman dulu mengalami perubahan hingga seperti kancing saat ini, agar tidak melukai orang yang menggunakannya.

Perbedaan Posisi Kancing di Kemeja Laki-laki dan Perempuan

Posisi kancing di kemeja laki-laki dan perempuan ternyata berbeda, lo. Kemeja perempuan, kancingnya berada di sebelah kiri. Sedangkan kemeja laki-laki, kancingnya berada di sebelah kanan. Kenapa seperti itu, ya?

Baca juga : Sejak Kapan Karet Digunakan Manusia?

Awalnya posisi kancing di kemeja laki-laki dan perempuan adalah sama-sama di sebelah kiri. Lalu, di abad pertengahan, laki-laki banyak melakukan adu senjata dengan pakaian perang yang kancingnya berada di sebelah kiri. Mereka harus bergerak cepat dalam mengambil pedang yang terletak di pinggang sebelah kiri. Sementara itu, tangan kanan mereka harus membuka kancing baju terlebih dahulu.

Nah, agar gerakan mereka bisa lebih cepat lagi, maka diubahlah posisi kancing pakaian pria di sebelah kanan. Sehingga tangan kiri bisa segera membuka baju dan tangan kanannya mengambil pedang.