Yuk, Berkenalan dengan Kucing Gurun!

By Yomi Hanna, Sabtu, 25 November 2017 | 07:35 WIB
Kucing pasir atau Felis Margarita (Hanna Vivaldi)

Ada banyak spesies kucing di dunia ini, sebagian besar spesies yang sering kita lihat adalah Felis domesticus atau Felis catus, yang merupakan spesies kucing rumahan. Ada juga spesies kucing yang hidup di alam liar. Kucing ini kita sebut sebagai harimau atau Panthera tigris. Lalu apa nama spesies kucing yang hidup di gurun?

Kucing Pasir yang Hidup di Gurun

Spesies kucing yang hidup di gurun adalah Felis margarita atau disebut juga dengan kucing pasir. Ini adalah satu-satunya spesies kucing yang hidup dan tinggal di daerah gurun. Kucing ini dapat kita temukan di Afrika Utara, Semenanjung Arab, padang pasir Turkmenistan di Uzbekistan, dan di Pakistan Barat.

Baca juga : Uniknya Ingatan Seekor Kucing

Kehidupan Kucing Gurun

Kucing pasir sudah menyesuaikan diri untuk bertahan hidup di daerah gurun yang gersang. Ini terlihat dari telapak kaki kucing pasir yang sangat cocok menginjak permukaan yang gembur dan tanah berpasir. Bahkan kucing pasir juga bisa bertahan hidup tanpa minum air dalam waktu yang cukup lama.

Ciri-ciri Kucing Pasir

Kucing pasir memiliki bulu yang lebar. Warna bulunya mirip seperti warna pasir atau abu-abu muda. Kucing yang panjang tubuhnya sekitar 45-57 cm ini hidup secara nokturnal atau aktif di malam hari. Ia biasa memangsa tikus, kelinci, burung, dan reptil.

Baca juga : Kucing Bersembunyi Sebelum Mati

Spesies Kucing Gurun yang Tidak Tinggal di Gurun

Sebenarnya ada kucing lain yang dalam namanya mengandung kata gurun, yaitu kucing gurun tiongkok atau Felis bieti. Hanya saja kucing ini bukan hidup di gurun seperti namanya. Ia justru hidup di daerah padang rumput dan pegunungan.

Begitu juga dengan kucing gurun asiatic atau Felis silvestris ornate, yang hidup di dataran terbuka di India, Pakistan, Iran, dan Rusia.