Cupnoodles Museum, Tempat untuk Mengenal Mi Instan

By willa widiana, Kamis, 30 November 2017 | 06:30 WIB
Cupnoodles Museum di Yokohama (willa widiana)

Di dekat Pelabuhan Yokohama. Tepatnya di Minato Mirai, Yokohama, Jepang, ada sebuah tempat bernama Cupnoodles Museum. Sesuai namanya, museum itu berisi hal-hal yang berhubungan dengan mi instan.

Cupnoodles Museum mulai dibukan pada September 2011. Museum seluas 10.000 meter persegi ini dibangun untuk merayakan 40 tahun berdirinya Nissin Foods. Museum ini terdiri dari lima lantai. Ada apa saja ya di setiap lantainya? Kita kunjungi setiap lantainya, yuk!

Lantai 1, Museum Shop.

Sesuai namanya, lantai ini digunakan untuk menjual berbagai souvenir khas museum.

Lantai 2, Momofoku Theater.

Di sini, pengunjung bisa menonton perjalanan hidup Pak Momofoku Ando (orang yang menciptakan mi instan). Pertunjukan itu berbentuk animasi. Di lantai ini juga ada replika dapur (tempat Pak Momofoku Ando melakukan percobaan untuk membuat mie).

O iya, di lantai ini juga ada Instant Noodles History Cube. Itu adalah tempat yang berisi replika berbagai jenis mie instan. Replika tersebut merupakan replika mie instan dari seluruh dunia, dari tahun ke tahun.

Lantai 3, My Cupnoodles Factory

Di lantai ini, pengunjung bisa membuat cupnoodles sendiri. Jadi, pengunjung bisa memilih mi, bumbu, dan mendesain kemasannya sendiri. Di lantai ini juga ada Chicken Ramen Factory. Di area ini, pengunjung bisa mencoba mengolah gandum hingga menjadi mi instan.

Lantai 4, Noodles Bazaar dan Cupnodles Park.

Di Noodles Bazaar dijual delapan menu mi dari 8 negara. Ke delapan mi itu adalah Mie Goreng (Indonesia), Pasta (Italia), Lagman (Khazakhstan), Lanzhou Beef (Cina), Cold Ramen (Korea), Pho (Vietnam), Thailand Tom Yum Goong Noodles (Thailand), dan terakhir Laksa (Malaysia).

Baca Juga: Udon, Mi Kenyal dari Jepang

Kalau di Cupnoodles Park, anak-anak bisa bermain sambil mendapat informasi tentang proses pembuatan mie instan, produksi, pengepakan, hingga proses pengiriman dengan simulasi.