Jenis Makanan yang Bisa Mengubah Warna Pipis

By Yomi Hanna, Rabu, 6 Desember 2017 | 06:31 WIB
Penyebab warna urine yang tidak biasa. (Foto: ahloo.com) (Hanna Vivaldi)

Urine atau pipis manusia merupakan zat cair buangan yang dihasilkan dari proses metabolisme atau pertukaran zat pada tubuh. Warna urine tersebut bermacam-macam, seperti kuning cerah, kuning pucat, kuning pekat, kecokelatan, berwarna kemerahan, bahkan ada juga yang berwarna hijau.

Warna yang berbeda-beda ini biasanya dipengaruhi tingkat dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Namun ada juga yang disebabkan karena jenis makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itu, jika teman-teman mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini, jangan panik dulu ketika kamu melihat perubahan warna urine yang ekstrem. Karena bisa saja ini disebabkan dari makanan yang kita konsumsi.

1. Warna Merah

Sebagian orang yang mengonsumsi buah naga atau bit akan mengalami perubahan warna pada urinenya menjadi warna merah atau merah muda. Banyak yang langsung panik karena warnanya mirip dengan warna darah. Padahal perubahan warna ini terjadi karena buah naga dan bit mengandung zat betalain.

Warna ini hanya sementara saja, dan akan kembali seperti semula tanpa perlu pengobatan khusus.

2. Warna Oranye

Setelah kita meminum jus wortel dalam jumlah yang banyak, beberapa akan mengalami warna urine yang berubah menjadi oranye atau kuning gelap. Perubahan warna itu terjadi karena kandungan betakaroten yang terdapat dalam wortel.

3. Warna Hijau

Asparagus adalah tumbuhan yang sering diolah menjadi sup. Akibat mengonsumsi asparagus, biasanya dapat membuat bau urine kita menjadi sangat pekat karena kandungan sulfur asparagus yang terdapat di dalamnya. Selain itu, setelah mengonsumsi asparagus, beberapa orang juga akan mengalami perubahan warna urinenya menjadi hijau atau kuning cerah.