Mengenal Jenis-jenis Hyena, Yuk!

By willa widiana, Selasa, 5 Desember 2017 | 09:56 WIB
Hyena Tutul (willa widiana)

Teman-teman tahu hewan bernama hyena? Ternyata... hewan ini ada beberapa jenis, lo. Kita kenali setiap jenisnya, yuk!

Hyena Tutul

Hyena Tutul (Crocuta crocuta) punya bulu berwarna cokelat terang dengan bintik hitam di bagian perutnya. Hyena tutul adalah hyena terbesar di keluarga Hyaenidae. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 2 meter dengan berat 50 kilogram (jantan) dan 86 kilogram (betina).

Hyena tutul hidup di padang rumput dan hutan Sub-Sahara Afrika. Hyena tutul hidup secara berkelompok, kelompok mereka biasanya disebut klan. Satu kelompok terdiri dari 3 – 80 ekor. Satu ekor hyena bisa hidup hingga 25 tahun.

O iya, hyena tutul termasuk pemangsa yang ganas, lo! Zebra dan hewan-hewan besar lain bisa mereka jatuhkan. Selain berburu hewan besar, hyena juga suka berburu hewan kecil seperti burung, ikan, ular, kadal, dan serangga sebagai makanan camilan.

Hyena Cokelat

Hyena Cokelat (Hyaena brunnea) tinggal di daerah semi padang pasir dan padang pasir di Afrika Selatan. Tubuh hyena cokelat ini didominasi oleh bulu berwarna cokelat tua. Bagian kakinya punya motif belang-belang, seperti zebra. Lalu, kupingnya lebih runcing, daripada hyena tutul.

Panjang tubuh hyena cokelat hanya 1,3 – 1,6 meter dengan berat 38 – 44 kilogram. Hyena cokelat bisa hidup selama 12 – 13 tahun.

Hyena cokelat biasanya makan hewan kecil, seperti burung, ikan, mamalia kecil, dan serangga. Selain itu, mereka juga makan buah, sayur, dan telur. O iya, hyena cokelat lebih sering makan hewan buruan sisa pemangsa lain. Setiap malam, hyena cokelat akan berkeliling hingga 35 kilometer untuk mencari makanan.

Hyena Loreng

Hyena lorang punya bulu abu-abu dan dihiasi loreng hitam, mirip harimau. O iya, hyena loreng punya telinga yang sangat runcing, lebih runcing dari telinga hyena cokelat. Hyena loreng punya tubuh paling kecil, panjangnya hanya 1 – 1,15 meter dengan berat 26 – 41 kilogram.

Hyena loreng hidup di daerah gersang dan pegunungan yang punya lahan semak belukar. Namun, mereka juga bisa ditemui di daerah berbatu. Hyena loreng hidup di Afrika Utara, Timur Tengah, hingga wilayah India.