Jangan Dibuang, Ternyata Rambut Jagung Bermanfaat Bagi Kesehatan

By Yomi Hanna, Jumat, 8 Desember 2017 | 04:37 WIB
Rambut jagung yang bermanfaat bagi kesehatan (Hanna Vivaldi)

Biji jagung mengandung nutrisi yang cukup banyak, seperti karbohidrat, protein, vitamin, zat besi, dan kalium. ebab itu, bijinya adalah bagian jagung yang paling sering dikonsumsi manusia. Namun, ternyata ada bagian lain yang paling sering dilewatkan untuk dikonsumsi, yaitu rambut jagung yang muncul dalam sekam. Banyak yang mengira rambut jagung tidak bermanfaat dan tidak bisa dikonsumsi. Kenyataannya bagian ini memiliki manfaat bagi kesehatan kita dan dapat dijadikan teh.

Seperti dilansir dari Step to Health, di bawah ini ada beberapa manfaat teh rambut bagi kesehatan. Yuk, kita lihat apa saja manfaatnya!

1. Mengatasi Nyeri Sendi

Teh rambut jagung yang bersifat basa dan anti inflamasi sangat baik untuk mengobati nyeri sendiri. Teh rambut jagung juga bisa mengurangi tingkat keasaman tubuh dan mengurangi reaksi tubuh terhadap mikroorganisme.

2. Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Teh rambut jagung juga bermanfaat membersihkan saluran pernapasan, mengurangi peradangan pada tenggorokan, serta mencegah pilek dan flu. Rambut jagung mengandung sifat ekspektoran yang bisa meredakan hidung tersumbat.

Baca juga : Bukan Karena Gosong, Inilah 4 Fakta Unik Jagung Hitam

3. Melawan Racun dalam Tubuh

Rambut jagung juga mengandung antioksidan yang bisa menghapus racun dalam tubuh. Manfaat ini bisa mengurangi kerja hati, sehingga fungsi eskresi tubuh lebih maksimal.

4. Meredakan Sakit Kepala

Teh rambut jagung dapat meredakan sakit kepala yang cukup parah. Selain itu, rambut jagung juga berfungsi menenangkan saraf, melancarkan sirkulasi daran, dan mengurangi kekakuan di leher, bahu, dan rahang kita.

Baca juga : Tanaman Perkebunan, Pengganti Bahan Bakar Minyak