Yuk, ke Museum Tekstil!

By Putri Puspita, Sabtu, 9 Desember 2017 | 03:44 WIB
Museum Tekstil (Putri Puspita)

Sudah pernah berkunjung ke museum tekstil? Museum yang terletak di tengah kota ini menyimpan banyak hal menarik. Apa saja?

Berawal dari Rumah Pribadi

Museum tekstil terletak di Jalan Aipda K.S. Tubun No.4, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Museum ini telah resmi beroperasi sejak 41 tahun yang lalu loh. Pada tahun 1976 diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto.

Gedung yang digunakan sebagai museum ini merupakan rumah pribadi dari warga keturunan Prancis. Setelah berpindah kepemilikan ke beberapa orang, gedung ini kemudian menjadi Markas Besar Barisan Keamanan Rakyat (BKR). Baru pada tahun 1975, gedung ini diserahkan kepada pemerintah DKI Jakarta dan menjadi museum tekstil.

Ada apa saja di museum ini?

Jika berkunjung ke museum tekstil, teman-teman dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang menarik. Selain itu, suasana di sana juga begitu sejuk karena ada banyak pohon yang tumbuh.

Galeri Batik

Dari gerbang depan, lihatlah ke gedung di pojok kanan. Itulah galeri batik. Namanya galeri batik, di sini terdapat berbagai koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari galeri ini, kita mengetahui bahwa tiap daerah di Indonesia memiliki corak batik yang menjadi ciri khasnya. Wah, kaya sekali ragam kain nusantara.

Taman Pewarna Alam

Berjalan lagi ke arah belakang gedung, di sana tersedia kebun pewarna alam. Di kebun itu, tumbuh berbagai tanaman yang bisa digunakan untuk mewarnai kain. Jangan khawatir tidak tahu nama tanaman karena tersedia penjelasan singkat seputar nama tanaman dan warna yang dihasilkan.

Ruang Pengenalan Wastra

Di dekat kebun pewarna alam, ada ruang pengenalan wastra.