5 Fakta Unik Seputar Burung Hantu

By Yomi Hanna, Kamis, 7 Desember 2017 | 06:35 WIB
5 Fakta seputar burung hantu (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman pernah melihat burung hantu? Tentunya hewan ini dikenal sebagai makhluk malam atau nokturnal. Ia juga memiliki suara unik yang khas. Lalu, apalagi, ya, ciri-ciri burung ini? Yuk, kita simak beberapa fakta seputar burung hantu di bawah ini!

1. Hewan Predator

Burung hantu biasanya memangsa mamalia kecil seperti tikus, tupai, atau kelinci. Tidak hanya itu, mereka juga memburu serangga dan juga reptil. Sama seperti burung lainnya, burung hantu makan dengan cara menelannya dalam potongan yang kecil dan tidak mengunyahnya. Burung ini memiliki paruh yang kuat untuk dipakai mengoyak mangsanya.

2. Bola Mata Burung Hantu

Burung hantu memiliki bola mata yang tidak bisa digerakkan secara leluasa. Inilah kenapa mereka tidak bisa melirik dan perlu menolehkan kepala seluruhnya untuk melihat ke arah yang berbeda. Karena burung hantu memiliki mata yang menghadap ke depan, sistem penglihatan dua mata mereka pun dapat berkembang dengan baik.

Baca juga : Burung Hantu Salju, si Putih yang Sabar

3. Kebanyakan Terbang Tanpa Suara

Burung hantu telah beradaptasi dan memiiki bulu khusus yang membuat suara kepakan sayap mereka semakin tidak terdengar. Ini sangat berguna bagi mereka saat sedang berburu, mangsa tidak akan sadar ketika mereka terbang mendekat.

4. Jumbai di Atas Kepala Burung Hantu

Jika teman-teman melihat di atas kepala burung hantu, terdapat dua jumbai yang mirip seperti sepasang telinga. Namun, itu hanyalah ‘aksesoris’ saja dan bukan sepasang telinga. Telinga burung hantu justru terletak di wajahnya. Tepatnya berada di belakang mata dan tersembunyi ditutupi bulu-bulu mereka. Burung hantu mempunyai indera pendengaran yang sangat tajam. Kemampuan ini juga membantu mereka untuk menemukan serta menangkap mangsanya.

5. Memiliki Kaki yang Kuat

Struktur kaki burung hantu sangat kuat, yaitu dua jari kaki yang menghadap ke depan dan dua jari kaki yang menghadap ke belakang. Struktur kaki seperti ini disebut dengan zygodactyl. Dengan kaki yang seperti ini, burung hantu pun menjadi mudah saat menerkam dan membawa mangsanya.

Nah, itulah 5 fakta burung hantu. Menurut teman-teman, manakah fakta yang paling menarik?