Jangan Tertipu, Gajah adalah Perenang Ulung!

By Lila, Rabu, 6 Desember 2017 | 09:16 WIB
Gajah adalah perenang ulung. (Lila)

Pernahkah teman-teman penasaran dengan pertanyaan apakah gajah bisa berenang? Jawabannya, bisa. Jangan tertipu oleh berat dan ukuran tubuh gajah yang luarbiasa, ya. Ingat, gajah bisa berjalan sampai 128 kilometer dalam sehari untuk mencari makanan dan air. Itu berarti, kaki mereka sangat kuat. Nah, kita cari tahu lebih dalam yuk, apa yang membuat gajah pandai berenang.

Perenang Ulung

Gajah adalah perenang yang sangat baik, seperti umumnya mamalia lain. Justru manusia dan primata merupakan mamalia yang harus belajar berenang. Jangan salah, gajah bisa berenang selama beberapa jam, lo. Gajah di Afrika telah tercatat menempuh jarak 48 kilometer melintasi air dan berenang selama enam jam terus-menerus. Satu-satunya kendala yang membuat gajah mencari tanah saat berenang di laut adalah lapar dan haus.

Sulit Tenggelam

Meski kulit binatang yang satu ini sangat tebal, justru itulah yang membuat gajah memiliki daya apung yang cukup baik untuk mengapung dengan mudah. Daya apung yang sangat baik yang dimilikinya membuat gajah sulit tenggelam.

Baca juga: 4 Alat Musik Tertua di Dunia, Ada yang Terbuat dari Kulit Gajah

Mendayung dengan Kaki

Saat berenang, tubuh gajah benar-benar terendam, dengan kepala di atas air dan mulut di bawah. Agar tubuhnya bisa bergerak maju di dalam air, gajah menggunakan keempat kakinya untuk mendayung. Gajah juga tidak mudah lelah saat berenang. Kalau pun lelah, mereka akan beristirahat sebentar saja.

Snorkel Alami

Keuntungan terbesar yang dimiliki gajah di antara mamalia lainnya adalah belalainya. Anggota tubuh yang sebaguna ini digunakan layaknya snorkel saat gajah berenang. Hal ini memungkinkan mereka untuk bernapas dengan normal saat berenang dan memungkinkan mereka berenang jauh. Tak hanya itu, snorkel alami ini mampu membuat gajah menghilang di bawah air untuk waktu yang cukup lama.

Baca: Paman Kikuk, Husin, dan Asta: Yuk, Snorkeling!

Penyuka Air