Mengenal Keluarga Manatee, Si Sapi Laut

By willa widiana, Kamis, 7 Desember 2017 | 09:44 WIB
Manatee India Barat (Trichechus manatus) (willa widiana)

Manatee atau sapi laut adalah mamalia laut yang mirip dengan dugong. Namun, manatee dan dugong berasal dari keluarga yang berbeda. Dugong berasal dari keluarga Dugongidae, sedangkan manatee berasal dari keluarga Trichechidae. 

Keluarga dugong dan manatee banyak yang punah. Namun, ada satu keluarga dugong yang mash hidup, dia adalah Dugong dugon. Kalau keluarga manatee, masih ada tiga anggota yang hidup. Kita cari tau satu per satu, yuk!

Manatee India Barat

Manatee India Barat (Trichechus manatus) hidup di sungai, mural, dan kanal dangkal yang ada di wilayah Amerika Serikat hingga ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Manate yang satu ini bisa hidup di air tawar dan air asin. 

O iya, mereka juga bisa hidup di air yang jernih dan air yang berlumpur. Manatee India Barat tidak suka berenang di air yang terlalu dalam (lebih dai 5 meter). Ia hanya akan berenang di perairan yang dalam jika arus airnya tenang (di bawah 5 km/jam).

Manatee India Barat bisa tumbuh hingga 4,5 meter, namun rata-ratanya hanya 3 meter. Kalau bobotnya bisa mencapai 200 - 600 kilogram. Namun, ada juga yang tubuhnya mencapai 1,5 ton. Manatee dewasa berwarna abu-abu atau cokelat, sedangkan manate yang masih bayi punya warna lebih gelap. Warna gelap itu akan berubah setelah 1 bulan.

Manate India Barat suka makan rumput laut yang ada di dasar laut. Karena kebiasaan makannya itu, manatee inipun punya badan yang lebih bungkuk. Bibir bagian atasnya juga lebih fleksibel, sehingga bisa digunakan untuk memasukkan makanan ke mulut.

 

Manatee Amazon

Manatee Amazon (Trichechus inunguis) hidup di daerah Brazil, Kolombia, Guyana, Ekuador, dan Peru. Manate ini biasanya tinggal di danau atau laguna (danau air asin yang ada di sekitar laut).

Manatee Amazon punya tubuh berwarna abu-abu, tapi bagian perut dan dadanya berwarna putih. Tubuh manate ini ditutupi oleh bulu halus. Bagian atas dan bawah mulutnya juga ditutupi oleh bulu tebal. Manatee Amazon ukurannya sedikit lebih kecil. Manatee Amazon yang paling besar haya berukuran 2,8 meter.

Manatee Amazon suka makan tumbuhan air, selada air, dan eceng gondok. Selain itu, ia jura suka makan buah kelapa yang mengapung di sungai. Dalam sehari, manate ini bisa makan 9 - 15 kilogram sayuran berdaun setiap harinya. O iya, induk Manate Amazon suka menggendong dan mendampingi anaknya saat berenang.

 

Manatee Afrika