6 Hewan yang Bisa Berhitung

By Iveta Rahmalia, Selasa, 12 Desember 2017 | 10:05 WIB
Monyet bisa berhitung. (Iveta Rahmalia)

Teman-teman, enam hewan ini ternyata bisa berhitung seperti kita, lo! Siapa saja mereka? Yuk, cari tahu!

1. Primata

Penelitian yang pernah dilakukan pada akhir 1980-an menunjukkan bahwa simpanse dapat menambahkan cokelat dalam dua mangkuk makanan. Simpanse ini juga dapat membandingkan jumlahnya dengan mangkuk lain. Hebatnya lagi, ia juga dapat memilih mangkuk mana yang jumlah cokelatnya lebih banyak.

Bukan hanya simpanse, monyet rhesus juga dapat berhitung. Monyet rhesus juga dapat menghitung dengan cepat jumlah benda yang ada di layar dalam sebuah penelitian.

Baca juga: 6 Hewan yang Punya Penglihatan Super Tajam

Lalu, dalam percobaan lanjutan, para peneliti menunjukkan bahwa monyet bisa mencocokkan jumlah suara yang mereka dengar dengan jumlah bentuk yang mereka lihat di layar.

2. Singa

Dalam sebuah penelitian, singa akan memilih untuk mendekati atau mundur tergantung dari jumlah singa pengacau yang mengaum dan jumlah anggota yang memihak di kelompok mereka sendiri.

3. Lebah

Para peneliti sudah tahu sejak lama bahwa serangga tersebut dapat menghitung, setidaknya sampai angka empat, tetapi pada tahun 1990-an, para peneliti menemukan bahwa lebah madu bisa tahu sejauh mana mereka telah meninggalkan sarang dengan menghitung jumlah penanda di sepanjang jalan. Mereka juga akan kebingungan jika peneliti mengubah penanda.

Baca juga: 5 Hewan yang Mirip Daun

5. Ikan