Fakta Unik Lidah Buaya

By Putri Puspita, Rabu, 13 Desember 2017 | 08:52 WIB
Fakta Unik Lidah Buaya (Putri Puspita)

Lidah buaya, tanaman yang punya sejuta manfaat dan bahkan sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Apa saja fakta unik tanaman ini?

Terpercaya Ribuan Tahun

Lidah buaya sebenarnya berasal dari wilayah Afrika dan Timur Tengah. Namun, tanaman itu dapat tumbuh di mana saja dan mudah didapat. Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan dengan sejuta manfaat. Seluruh dunia memanfaatkan lidah buaya sejak ribuan tahun yang lalu, mulai dari wilayah Afrika, Eropa, Amerika, dan hingga seluruh dunia.

Tanaman Keabadian

Lidah buaya sudah digunakan di Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini punya panggilan khusus dari Bangsa Mesir Kuno, yaitu  'Tanaman Keabadian'.

Lidah buaya disebut tanaman keabadian karena dulunya jenazah di sana diawetkan dengan ramuan yang salah satu campurannya adalah lidah buaya. Dengan ramuan ini, bakteri dan jamur bisa dihalau.

Rahasia Kecantikan

Tanaman lidah buaya dianggap menjadi rahasia kecantikan dan kesehatan. Bahkan tanaman ini juga dimanfaatkan oleh Ratu Mesir, Cleopatra, terutama untuk kecantikan.

Mengusir Roh Jahat

Penduduk Mesir menganggap tumbuhan lidah buaya sebagai simbol suci. Mereka menggantungkan lidah buaya di pintu dan percaya bahwa hal itu bisa menghindarkan mereka dari hal-hal jahat, termasuk fitnah. Bahkan dulu lidah buaya juga dipercaya mampu mengeluarkan roh jahat yang masuk ke tubuh manusia saat kerasukan.

Dibawa Perang

Walaupun berbentuk seperti pedang dan berduri, tapi lidah buaya dibawa perang bukan untuk senjata, tetapi untuk obat. Cairan di dalam lidah buaya mampu membantu menyembuhkan prajurit yang terluka dengan lebih cepat.

Tanaman Kerajaan