Makna Tradisi Kalung Bunga di India

By Yomi Hanna, Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:09 WIB
Makna tradisi kalung bunga di India (Hanna Vivaldi)

India adalah salah satu negara di dunia yang memiliki banyak budaya menarik. Jika teman-teman pernah menonton film India, kita pasti sering melihat mereka sedang merangkai bunga. Mereka juga senang mengalungkan bunga kepada orang lain di suatu acara. Perempuan India juga suka menggunakan rangkaian bunga melati di rambutnya. Tidak hanya itu, rangkaian bunga pun ditaruh pada patung-patung dewa di India. Kira-kira, apa yang menjadi makna tradisi bunga di India?

Rangkaian Bunga

Tradisi yang paling sering dilakukan masyarakat India adalah memakaikan kalung bunga dan ini cukup kuat maknanya. Kalung ini dibuat dari rangkaian bunga warna-warni, seperti bunga melati, mawar, marigold, dan teratai.

Memberi Penghormatan

Tradisi ini bukan hanya sebuah hiasan atau kebiasaan yang tidak ada maknanya. Mereka menaruh rangkaian bunga pada dewa adalah untuk memberi tanda penghormatan kepara dewa tersebut. Namun, jika dikalungkan kepada orang lain, itu artinya kita sedang memberi penghormatan kepada orang yang diberi kalung bunga itu.

Baca juga : Bajaj, Awalnya Datang dari India

Simbol Lamaran Pernikahan

Berbeda lagi dalam tradisi Varmala, karangan bunga yang dibuat merupakan simbol lamaran pernikahan. Misalnya seorang gadis yang sudah memiliki umur yang cukup untuk menikah, ia akan mengikuti upacara Smayamvar.

Dalam upacara ini, akan ada seorang pria yang akan melamarnya. Jika ia menerima pria tersebut, maka ia akan memberi rangkaian kalung bunga padanya. Proses mengalungkan bunga ini menjadi simbol bahwa gadis itu telah menetapkan pilihannya dan akan segera melaksanakan pernikahan.

Baca juga : Mengenal Diwali, Festival Besar Masyarakat India

Tanda Saling Menghormati

Tradisi mengalungkan bunga juga ada di dalam pernikahan India. Mempelai laki-laki akan mengalungkan bunga pada mempelai perempuan, dan begitu juga perempuan mengalungkan bunga pada laki-laki. Tradisi mengalungkan bunga kepada pasangan memiliki makna bahwa mereka saling memberikan energi spiritual dan menghormati satu sama lain.

Nah, sudah tahu, kan teman-teman? Itulah beberapa makna tradisi kalung bunga yang sering kita lihat di film-film India.