Dari Mana Datangnya Ketombe?

By Putri Puspita, Kamis, 14 Desember 2017 | 09:37 WIB
Ketombe (Putri Puspita)

Bobo.id - Jika tidak keramas, kita akan menemui benda putih-putih kecil di rambut atau yang sering disebut ketombe. Sebenarnya dari mana datangnya ketombe?

Produksi Minyak Berlebih

Ketombe adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas lalu menempel pada rambut atau di bahu.

Ketombe bisa terjadi karena tubuh secara teratur merontokkan sel kulit mati. Sel-sel kulit kepala yang mati inilah yang menjadi ketombe.

Menurut ibu dokter Nadia Octavia, ketombe bisa muncul karena peradangan kulit kepala.

Peradangan ini terjadi karena produksi minyak berlebih, bisa karena cuaca panas atau faktor hormonal. Biasanya, para remaja yang berusia belasan tahun sering berketombe karena saat memasuki masa pubertas, produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Ternyata, ketombe bisa juga datang dari kondisi stress yang dirasakan seseorang. Stres juga memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Penyebab lainnya bisa juga karena salah memilih sampo atau produk perawatan rambut dan makanan yang terlalu asin atau pedas.

Mikroorganisme

Tahukah kamu?

Ketombe juga bisa terjadi karena mikroorganisme bernama pityorosporum ovale dan juga malassezia.

Apabila ketombe disebabkan oleh mikroorganisme tersebut, biasanya muncul rasa gatal pada kepala. Ketombe yang seperti ini bisa menular kepada orang lain apabila mikroorganisme ini berpindah.