Inilah 5 Tanda Orang yang Sedang Berbohong

By Yomi Hanna, Sabtu, 16 Desember 2017 | 07:40 WIB
Berbohong bikin kita tak punya teman. (Hanna Vivaldi)

Berbohong adalah mengucapkan suatu hal yang isinya tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Kebohongan seseorang bisa terlihat dari ekspresi wajah ataupun gerak-gerik tubuhnya. Hanya saja, ciri-cirinya tersebut memang tidak berlaku untuk setiap orang. Nah, kira-kira apa saja ya, yang menandakan seseorang itu sedang bohong? Dilansir dari hellosehat.com, berikut 5 tanda-tanda seseorang yang sedang berbohong.

1. Mata Bergerak Terus

Saat berbohong, biasanya bola matanya tidak bisa diam dan bergerak melihat sekitar, berkedip lebih sering dari biasanya, atau menutup mata lebih dari satu detik setiap kalinya. Ini merupakan reaksi alami yang akan terjadi saat seseorang merasa tidak nyaman atau tidak ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kita tentang kebohongan yang ia sembunyikan.

2. Pandangan Mata Selalu ke Kanan

Jika kita berusaha menggali ingatan teman dengan menanyai mereka hal yang ia saksikan ataupun dengar, lalu kemudian ia memusatkan pandangannya ke arah kiri, kemungkinan besar teman kita itu memang berkata jujur.

Baca juga : Berbohong dan Bahayanya untuk Kesehatan

Nah, saat berbohong, biasanya seseorang cenderung melirik ke arah kanan. Ini artinya ia sedang mencoba menggali imajinasinya dan menciptakan sebuah jawaban. Bagi mereka yang kidal, reaksi yang terjadi adalah kebalikannya. Selain itu, sebagian orang akan menatap lurus ke depan saat mereka mencoba mengingat memori visual.

3. Senyuman Palsu

Saat seseorang tersenyum dengan tulus, maka mata mereka terlihat bergerombol dan berkerut. Sedangkan seseorang yang sedang memberikan senyuman palsu adalah kerutan tersebut hanya terjadi di sekitar mulut.

4. Wajah Memerah, Berkeringat, Menggigit Bibir, Menarik Napas Dalam-dalam

Wajah seseorang yang berbohong biasanya akan memerah, menggigit bibir, menarik napas yang panjang, serta berkeringat. Ini merupakan reaksi paksa yang terjadi akibat sistem saraf simaptis dan merupakan respon terhadap pelepasan adrenalin.

Baca juga : Pembohong Ada Jenisnya, lo!