Migrasi Kepiting di Christmas Island

By Aan Madrus, Senin, 18 Desember 2017 | 06:45 WIB
Migrasi Kepiting di Christmas Island. (Aan Madrus)

Bobo.id - Di Samudera Hindia, sebelah selatan Pulau Jawa ada pulau kecil milik pemerintah Australia. Namanya Christmas Island. Yang menarik di pulau itu adalah fenomena alam berupa migrasi jutaan kepiting merah dari daratan menuju laut.

Kepiting Merah

Christmas Island berjarak sekitar 2.600 kilometer sebelah Barat Laut dari kota Perth, Australia Barat.

Diberi nama Christmas Island karena ditemukan pada saat Natal. Pulau ini berpenghuni dan menjadi rumah bagi 14 spesies kepiting darat.

Diperkirakan jumlah kepiting sampai 45 juta ekor. Kepiting yang paling banyak dan paling terkenal adalah kepiting merah atau Gecarcoidea natalis.

Baca juga: Kepiting Makan Burung

Kepiting merah hidup di dalam lubang-lubang di hutan. Mereka makan daun-daun gugur, buah-buahan, bunga, biji-bijian, hewan mati, bahkan bila terpaksa mereka memakan temannya sendiri.

Seperti kepiting darat lainnya, kepiting merah bermigrasi untuk berkembang biak dan menetaskan telur mereka di laut. Migrasi biasanya berlangsung diawal musim hujan. Kira-kira bulan Oktober – November.

Baca juga: Kepiting yang Mirip Cheerleader

Perjalanan migrasi itu sejauh 8 km. Rata-rata ditempuh selama 5 – 7 hari. Kepiting jantan biasanya tiba sebelum betina.

Setelah tiba di pantai, kepiting jantan menggali lubang, yang mereka harus pertahankan dari kepiting jantan lain. Perkawinan terjadi di dekat lubang itu.

Setelah kawin, kepiting jatan kembali ke hutan sedangkan kepiting betina tetap berada di sekitar lubang selama dua minggu untuk bertelur.