Inilah 5 Tempat Terpanas di Dunia

By Yomi Hanna, Senin, 18 Desember 2017 | 10:39 WIB
Australia's Badland | Foto: Creative Common/hans001 (Hanna Vivaldi)

Bobo.id - Di dunia terdapat daerah yang panasnya sangat ekstrem, membuat siapa saja yang berada di sana akan merasa panas tak tertahankan. Di bawah ini ada 5 daerah yang dikenal sebagai tempat terpanas di dunia. Apa saja, ya?

1. Dallol, Ethiopia

Daerah ini termasuk kota kecil yang sangat panas dan berada di Afar Depression, Ethiopia. Suhu wilayah yang memegang rekor sebagai kota dengan panas rata-rata tertinggi ini bisa mencapai 47 derajat Celsius pada tahun 1960 sampai 1966.

Suhu tersebut adalah suhu rata-rata di sana dan jarang turun secara drastic sepanjang tahunnya.

Pada tahun 1960-an, kota Dallol menjadi daerah tempat tinggal para penambang. Namun, kini Dallol menjadi kota hantu yang tidak berpenghuni.

Suhu panasnya yang cukup ekstrem membuat tidak seorang pun berani tinggal di sana.

2. Tirat Zvi, Israel

Tirat Zvi terletak di Israel, tepatnya 220 meter di bawah permukaan laut, lembah Beit She’am. Daerah ini memang cukup subur karena adanya aliran Sungai Jordan, tapi saat musim kemarau lembah ini menjadi sangat penas.

Di bulan Juni 1942, daerah ini memegang rekor terpanas di Asia, yaitu 53,8 derajat Celsius. Penduduk di daerah ini senang berendam di kolam-kolam alami dan rumah mereka biasanya dikelilingi kanopi untuk memberi keteduhan.

3. Rub’ al Khali, Semenanjung Arabia

Daerah ini berupa padang pasir terbesar di dunia yang meliputi wilayah semenanjung Arab, kawasan yang mencakup Saudi Arabia, Oman, Yaman, dan Uni Emirat Arab. Suhu di Rub’al Khali sangat panas, pernah mencapai 56,1 derajat Celsius.

4. Kebili, Tunisia