Misteri Sandi Menari (Bag.8)

By Vanda Parengkuan, Kamis, 22 Februari 2018 | 13:00 WIB
Misteri Sandi Menari (Bag.8) (Vanda Parengkuan)

Sherlock Holmes melanjutkan penjelasannya. “Saya lalu beberapa kali menemukan pola simbol yang sama. Dua huruf E yang diselingi dengan 3 huruf lain.

Saya yakin, pesan ini ditujukan untuk Elsie. Sehingga dua huruf E yang diselingi 3 huruf itu, pasti berarti E L S I E. 

Dengan begitu, saya menemukan huruf L, S dan I,” jelas Sherlock.

Menurut Sherlock, ia lalu mencari huruf kedua terbanyak yang sering muncul. Ia juga mencari huruf ketiga, keempat terbanyak, dan seterusnya. Tanpa lelah, Sherlock mencoba mencocokkan huruf-huruf itu dengan setiap simbol orang menari. Ia terus mencoba memasang-masangkan huruf, sampai deretan gambar itu akhirnya membentuk arti.

Kadang, gambar orang menari itu membawa bendera. Menurut Sherlock, gambar orang menari yang membawa bendera, adalah tanda bahwa itu huruf terakhir dalam satu kata. Jadi, gambar orang menari yang membawa bendera, sekaligus sebagai tanda pemisah kata.

Sherlock akhirnya bisa menerjemahkan arti pesan-pesan orang menari yang selalu disalin oleh Pak Cubbit. Pesan-pesan itu berbunyi;

ELSIE DATANGLAH.

AKU DI SINI – ABE SLANEY

DI ELRIDGE

Inspektur Martin dan Watson betul-betul takjub mendengar penjelasan Sherlock. Hasil penelitian Sherlock itu, telah memecahkan masalah yang tampak sangat sulit.     

"Tapi, Anda tahu darimana kalau Abe Slaney ini adalah penjahat berbahaya?” tanya Inspektur Martin.

"Waktu pertama kali datang ke kantor saya, Pak Cubbit bercerita tentang surat yang diterima istrinya. Surat berperangko Amerika. Sejak menerima surat itu, istrinya mulai tampak cemas dan muram. Itu sebabnya, saya menduga Abe Slaney adalah orang Amerika,” jelas Sherlock.