Inilah Asal-usul Tanda V Atau ‘Peace’ Ketika Kita Sedang Difoto

By Cirana Merisa, Rabu, 20 Desember 2017 | 05:17 WIB
Tanda V ini diperkirakan berkembang di Jepang sejak 40 tahun yang lalu. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Kalau kita sedang difoto, secara spontan kita akan mengangkat jari telunjuk dan jari tengah kita membentuk huruf V. Sebenarnya dari mana, ya, datangnya kebiasaan itu?

Berkembang di Jepang

Membentuk huruf V atau yang dikenal dengan tanda ‘peace’ dengan dua jari ini sudah menjadi kebiasaan orang Asia, termasuk di Indonesia. Ayo, siapa yang kalau difoto suka bergaya seperti itu? Hi..hi..hi..

Ternyata gaya ini diperkirakan sudah ada dan berkembang di Jepang sejak 40 tahun yang lalu, lo. Ada beberapa versi yang menyebutkan asal-usul gaya ini.

Baca juga: Asal-usul Sumpit

Komik Kyojin no Hoshi

Ada yang berpendapat bahwa tanda V diperkenalkan melalui komik berjudul Kyojin no Hoshi (Star of the Giant) pada tahun 1968. Komik ini menceritakan tentang kisah seorang anak yang menjadi pemain baseball. Setiap akan bertanding, ayah si anak ini akan memberikan tanda V untuk mendukungnya.

Atraksi Janet Lynn

Ada juga yang mengatakan bahwa tanda V diperkenalkan oleh Janet Lynn, seorang pemain skate asal Amerika. Pada ajang Olimpiade tahun 1972 di Jepang, Lynn tidak berhasil mendapatkan medali emas. Namun ia tetap tersenyum.

Hal itu membuat Lynn diidolakan dan mempunyai banyak penggemar dari Jepang. Bertahun-tahun setelah Olimpiade itu, Lynn sering datang ke Jepang dan uniknya, ia selalu memberikan tanda V setelah diwawancara oleh wartawan.

Baca juga: Asal-usul Origami, Seni Melipat Kertas

Iklan Kamera Konica

Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa tanda V ini diperkenalkan oleh penyanyi dari band Spiders, Jun Inoue. Inoue adalah penyanyi terkenal.

Saat itu, ia diminta untuk menjadi model pada iklan kamera Konica. Di setiap iklan, ia selalu menunjukkan tanda V sambil tersenyum di depan kamera.