Ketahui Fakta Seputar Udang, Yuk!

By willa widiana, Rabu, 20 Desember 2017 | 09:05 WIB
Ketahui Fakta Seputar Udang, Yuk! (willa widiana)

Bobo.id – Udang adalah salah satu makhluk air yang bisa diolah menjadi beragam makanan.

Tak heran, udang menjadi salah satu sumber makanan yang banyak disukai. Bicara soal udah, ada beberapa fakta seputar udang yang cukup menarik, nih! Penasaran? Ini dia faktanya!

Shrimp/Prawn?

Teman-teman mungkin pernah bertanya, udang itu bahasa inggrisnya shrimp atau  prawn? Ternyata, dua kata itu punya arti yang sama, yakni udang.

Namun, kata shrim digunakan untuk udang yang berukuran kecil. Kalau kata prawn digunakan untuk udang yang berukuran besar.

Udang makan apa?

Teman-teman mungkin sudah tahu kalau udah adalah sumber makanan bagi manusia dan beberapa hewan laut. Kira-kira, udang sendiri makan apa, ya? Ternyata, udang suka makan plankton.

Sumber makanan ini mengambang di laut, namun tidak bisa terlihat oleh mata. O iya, beberapa udang juga suka makan makanan sisa atau kotoran yang ada di mulut dan tubuh belut dan ikan berukuran besar.

Baca Juga: Udang Berpunuk alias Udang Unta

Bagaimana udang berenang?

Ikan berenang dengan ekor dan siripnya, kalau udang berenang dengan ekor dan kaki kecilnya. Kecepatan berenang udang memang tidak terlalu cepat. Namun, saat merasa terancam, udang akan melesat mundur dengan cepat menggunakan ekornya.

Udang suka ganti cangkang

Ternyata, udang juga suka ganti kulit, lo! Sesaat setelah berganti kulit, udang akan bersembunyi di tempat yang aman selama 48 – 72 jam.