Lambang Keberuntungan di Setiap Negara

By willa widiana, Minggu, 24 Desember 2017 | 05:36 WIB
Batu yang dibentuk mirip scarab. (willa widiana)

Bobo.id – Orang yang percaya dengan keberuntungan biasanya punya benda unik yang melambangkan keberuntungan. Ternyata, beberapa masyarakat di negara ini juga percaya dengan keberuntungan.

Bahkan, mereka juga punya lambang atau benda tertentu yang melambangkan keberuntungan, lo! Langsung cari tahu saja, yuk!

Sisik Ikan Mas di Polandia

Di Polandia, ikan mas merupakan makanan tradisional saat makan malam Natal. Saat makan malam Natal selesai, orang Polandia akan mengambil satu sisik ikan mas dan memasukkannya ke dalam dompet mereka.

Sisik ikan itu akan disimpan hingga malam Natal tahun depan. Bagi mereka, sisik ikan adalah lambang keberuntungan.

Baca Juga: Daun Semanggi Berhelai Empat, Lambang Keberuntungan

Kelelawar Merah di Tiongkok

Di dalam budaya Tiongkok, ada lima hal yang harus dilindungi, yakni kesehatan, usia, cinta, kekayaan, dan kebajikan. Kelima hal itu dilindungi oleh lima kelelawar merah (wufu).

Kenapa kelelawar? Dalam bahasa Tiongkok, kelelawar disebut fu, mirip seperti penyebutan keberuntungan. Kenapa kelelawar merah? Karena warna merah juga lambang keberuntungan.

Lumba-Lumba di Roma

Orang Roma suka melakukan penjelajahan sejak zaman dulu. Beberapa penjelajahannya harus melewati laut selama berbulan-bulan.

Bagi orang Roma yang suka melakukan penjelajahan lewat laut, lumba-lumba adalah tanda bahwa sebentar lagi mereka akan menemukan daratan.

Karena hal itu, lumba-lumba pun dijadikan lambang keberuntungan di Romawi.