Danau Toba dan Cerita Di Balik Keindahannya

By willa widiana, Minggu, 24 Desember 2017 | 10:02 WIB
Danau Toba dan Cerita Di balik Keindahannya (willa widiana)

Bobo.id – Danau Toba terletak di Sumatera Utara dan memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Hal itu membuat Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Karena keindahannya, banyak orang yang berkunjung ke Danau Toba. Namun, ada cerita di balik keindahannya itu. Menurut legenda, Danau Toba itu terbentuk karena seseorang yang ingkar janji!

Toba adalah nama seorang pemuda yang selalu berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya.

Suatu hari, ia menemukan sebuah tempat yang bagus dan subur. Akhirnya, ia memutuskan untuk menetap di tempat tersebut dan menjadi seorang petani.

Baca Juga: Tuk Tuk Samosir, Kampung Turis di Danau Toba

Suatu hari, ia pergi memancing dan mendapatkan seekor ikan mas. Namun, saat ia meninggalkan ikan masnya beberapa saat, ia kaget, karena ikan mas itu berubah menjadi seorang perempuan.

Melihat Toba yang kaget dan heran, perempuan itupun menjelaskan, bahwa dirinya adalah putri ikan yang menjelma menjadi manusia.

Setelah saling mengenal, mereka memutuskan untuk menikah dengan satu syarat, yakni Toba harus merahasiakan asal-usul si perempuan itu. Toba pun menyanggupinya.

Baca Juga: Wah... Air Danau Ini Bisa Diminum!

Setelah berjanji, mereka berdua menikah dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Samosir. Namun, Samosir tumbuh menjadi anak yang bandel dan cukup rakus. Tak jarang, Samosir memakan makanan milik teman-temannya.

Suatu hari, Ibu Samosir sakit, sehingga ia meminta tolong Samosir untuk mengantarkan makan kepada ayahnya di ladang.

Saat dibuka oleh ayahnya, bekal itu tidak ada isinya. Ternyata, Samosir telah memakan bekal milik ayahnya itu di tengah jalan menuju ladang.

Sang Ayah marah besar kepada Samosir dan tanpa sengaja ia mengatakah, “Dasar kau anak ikan!”

Baca Juga: Danau Cantik di Antartika Bukan Pertanda Baik

Karena Toba telah melanggar janjinya, bencana pun terjadi. Air sungai meluap membanjiri daerah tempat tinggal Toba. K