Proses Panjang Pengolahan Buah Kopi

By willa widiana, Minggu, 24 Desember 2017 | 08:23 WIB
Proses Panjang Pengolahan Buah Kopi (willa widiana)

Bobo.id – Selain kaya akan rempah, negeri kita juga terkenal dengan hasil kopi yang berlimpah. Buktinya, Indonesia menjadi negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia, setelah Ethiophia.

Kopi Sejak Dulu

Salah satu daerah penghasil kopi itu berada di daerah Kebon Raja, Pangalengan, Bandung.

Menurut Pak Wildan, salah seorang pemilik kebun kopi sekaligus gudang kopi di Pangalengan, penanaman kopi di Indonesia sudah dilakukan sejak zaman Belanda.

Kopi-kopi kualitas terbaik akan dikirim ke luar negeri. Rakyat pribumi hanya mengonsumsi kopi dengan kualitas biasa. O iya, bicara soal kopi, ternyata, buah kopi harus melewati proses panjang sebelum dikonsumsi.

Proses Panen

Saat musim panen, tidak semua buah kopi matang. Para petani hanya memanen buah kopi yang sudah matang saja.

Mereka memetik buah kopi itu tanpa menggunakan alat bantu, kecuali tas karung untuk menaruh buah kopi.

Baca Juga: Bolehkah Anak-anak Mengonsumsi Kopi?

Buah kopi yang sudah matang biasanya berwarna merah atau keunguan. Buah kopi yang berwarna hitam biasanya sudah busuk, sehingga tidak dapat dipanen.

Dua Musim Panen

Musim panen kopi di Indonesia terbagi menjadi dua. Wilayah Indonesia sebelah utara khatulistiwa, seperti Aceh, akan mengalami musim panen pada awal dan akhir tahun, bertepatan dengan musim dingin di Eropa.

Sedangkan, wilayah Indonesia di sebelah selatan khatulistiwa, seperti Flores, melakukan panen di pertengahan tahun, saat Benua Australia mengalami musim dingin.