Dari Layang-layang Sampai Pesawat Terbang

By willa widiana, Selasa, 26 Desember 2017 | 06:05 WIB
Dari Layang-Layang Sampai Pesawat Terbang (willa widiana)

Bobo.id – Sejak abad ke-6, orang sudah punya angan-angan untuk terbang.

Berbagai cara mereka lakukan untuk mewujudkan angan-angan itu. Kira-kira... seperti apa usaha yang dilakukan orang zaman dulu untuk bisa terbang? Cari tahu, yuk!

Abad ke-6

Di Tiongkok, tahun 559. Pangeran Yuan Huangtou diterbangkan dengan layang-layang.

Ia diterbangkan dari puncak menara dan berhasil menyeberangi tembok kota. Pangeran Yuan berhasil mendarat dengan selamat.

Abad ke-9

Abbas Ibnu Firnas melakukan percobaan terbang dari menara Masjid Raya di Cordoba, Spanyol, tahun 852. Dia mencoba terbang dengan sayap khusus yang bentuknya mirip sayap burung.

Sayang, percobaannya gagal. Untungnya, beliau mengenakan pakaian khusus yang bisa menahan laju saat jatuh. Konon, baju inilah yang menjadi cikal bakal parasut.

Baca Juga: Bahaya Abu Vulkanik Bagi Pesawat Terbang

Tahun 875, Ibnu Firnas melakukan percobaan lagi. Kali ini, beliau menggunakan pesawat terbang layang. Beliau meluncur dari Gunung Jabal al ‘Arus (kini gunung itu disebut Mount of the Bridge).

Percobaannya berhasil, beliau bisa terbang, memutar, dan kembali ke tempat ia meluncur. Namun, beliau mengalami luka karena pendaratannya kurang mulus.

Abad ke-15

Pada tahun 1496, Leonardo da Vinci membuat beberapa bentuk pesawat dalam sebuah sketsa. Sayang, sketsanya belum sempat diwujudkan.