Hari Libur Unik di Seluruh Dunia (bag. 2)

By willa widiana, Senin, 25 Desember 2017 | 09:39 WIB
Mesir (willa widiana)

Bobo.id – Teman-teman, kita lanjutkan pembahasan tentang hari libur unik di seluruh dunia, yuk!

Sham el-nessim di Mesir

Sham el-nessim atau Sham ennisim adalah hari libur yang menandai awal mula musim semi. O iya, nama hari libur ini berasal dari kata Shemu yang berarti hari penciptaan.

Menurut buku Manners and Customs of the Modern Egyptians, karya Edward William Lane,  “... pada hari Sham el-nessim, banyak perempuan yang mematahkan bawang dan mencium baunya....”

Selain itu, ada juga orang yang pergi ke tempat yang cukup jauh untuk mencium bau udara di tempat tersebut. Konon, bau udara itu memberikan efek tersendiri bagi tubuh mereka.

Namun, masyarakat modern saat ini merayakan Sham el-nessim dengan melakukan piknik di taman sekitaran Sungai Nil atau di kebun binatang.

Biasanya, piknik mereka diisi dengan mengonsumsi makanan tradisional, seperti fesikh, selada, bawang, tirmis, dan telur rebus.

Baca Juga: 5 Tips Liburan ke Pantai

Diwali di India

Diwali atau festival lampu merupakan hari libur bagi masyarakat India. Festival ini diadakan untuk memeringati kepulangan Rama dan Sita dari pengasingan.

Perayaan ini biasanya berlangsung selama lima hari di musim gugur.

Biasanya, perayaan dimulai pada hari ke-14, bulan setengah gelap kalendar Hindu Asvina. Dalam kalendar masehi, hari itu jatuh diantara bulan Oktober hingga November.

Selama perayaan, masyarakat India akan menerangi rumah mereka dan juga kuil dengan lilin serta lampu minyak. Kegiatan ini bertujuan untuk menerangi jalan Rama dan Sita dari pengasingan.