Mengenal Keunikan Hairy Frogfish

By Aan Madrus, Kamis, 28 Desember 2017 | 03:09 WIB
Hairy frogfish adalah ikan yang tidak mirip ikan, karenan kulitnya seperti rambut. (Aan Madrus)

Bobo.id - Hairy frogfish adalah ikan yang sangat unik. Banyak fakta menarik dari ikan ini.

Kulitnya Seperti  Rambut

Hairy frogfish adalah ikan yang tubuhnya berbentuk bulat dengan panjang bisa mencapai 22 cm. Kulitnya lembut tapi tidak mulus.

Kulit itu bentuknya tak beraturan. Seperti rambut keriting. Itu sebabnya ikan ini disebut hairy frogfish atau ikan kodok berambut.

Hidup di Perairan Tropis

Hairy frogfish hidup perairan tropis dan subtropis yang ada di Samudra Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudra Atlantik. Spesies ini mendiami daerah dangkal, berpasir atau berkarang dan terumbu karang.

Dapat Mengubah Warna Kulit

Hairy frogfish bisa menyesuaikan warna kulit dengan lingkungan tempat dia tinggal. Gunanya untuk menyamar. Yang paling banyak ditemukan adalah paduan warna kuning ke kecoklatan dan oranye serta paduan warna hijau, abu-abu, coklat, dan krem.

Hairy frogfish hanya butuh waktu beberapa minggu untuk mengubah warna sesuai lingkungan. Misalnya, ketika samudra berangsur-angsur menjadi lebih hangat, pH air meningkat menjadi lebih asam.

Hal ini menyebabkan terumbu karang memudar warnanya menjadi makin putih. Hairy frogfish pun mengubah warnanya mengikuti perubahan warna karang. Hal ini ia lakukan untuk menyembunyikan diri dari predator. Selain itu untuk menipu ikan-ikan yang akan dimangsanya.

Ikan yang Rakus

Hairy frogfish adalah karnivora yang rakus. Ia akan melahap semua mangsa yang lewat di depannya. Mangsa itu berupa ikan jenis lain, udang, tetapi kadang-kadang sesama hairy frogfish juga ia tangkap dan telan hidup-hidup.