Mengisi Waktu Liburan dengan Main Sudoku

By Aan Madrus, Kamis, 28 Desember 2017 | 03:23 WIB
Asiknya mengisi kotak-kotak Sudoku. (Aan Madrus)

Bobo.id - Liburan sudah tiba. Kalau kamu sedang tidak ingin ke mana-mana, cobalah main Sudoku. Selain asik, pemainan ini bisa untuk mengasah otak.

Apa itu Sudoku?

Sudoku adalah permainan angka. Sudoku berupa gambar sebuah kotak yang besar yang dibagi menjadi 9 buah kotak berukuran sedang. Sembilan kotak itu tersusun dalam 3 kotak mendatar dan  3 kotak menurun.

Masing-masing kotak berukuran sedang itu dibagi lagi menjadi 9 buah kotak kecil. Jadi di dalam sebuah kotak besar itu terdapat 9x9 buah kotak kecil.

Sudoku 9x9 itu adalah Sudoku standar. Untuk anak-anak dan pemula, ada Sudoku sederhana, yaitu Sudoku 4x4 dan 6x6. Sudoku 4x4 hanya menggunakan angka 1 sampai 4. Untuk Sudoku 6x6 menggunakan angka 1 sampai 6.

Bagaimana Cara Mainnya?

Dalam permainan Sudoku, beberapa kotak kecil sudah diisi angka. Menurut aturan, kotak yang boleh diisi angka itu paling banyak berjumlah 32 buah kotak.

Tugas pemain adalah mengisi semua kotak yang kosong dengan angka 1 sampai 9. Tapi tidak boleh sembarangan mengisi angka. Ada syaratnya, yaitu tidak boleh ada angka yang sama dalam tiap garis. Baik yang mendatar maupun menurun.  

Juga tidak boleh ada angka yang sama dalam 9 buah kotak kecil yang terkumpul dalam kotak sedang.

Permainan ini dianggap berhasil, jika pemain bisa mengisi semua kotak tanpa ada angka kembar.

Dari mana Asalnya?

Permainan Sudoku berasal dari Eropa. Pada abad ke-18, seorang ahli matematika asal Swiss, Leonhard Euler, mengembangkan permainan yang ia beri nama Latin Squares.