4 Makanan yang Dijadikan Bekal saat Perang

By Putri Puspita, Rabu, 27 Desember 2017 | 08:15 WIB
Bekal Makanan (Putri Puspita)

Bobo.id - Bayangkan kondisi rakyat Indonesia saat masa penjajahan dahulu.

Kita hidup dalam kesederhanaan tetapi tetap berjuang melawan penjajah.

Nah, agar para pejuang tetap bertenaga, maka perbekalan makanan saat perang pun harus cukup. Berikut adalah makanan yang biasanya dijadikan bekal saat perang.

1. Nasi Jagung

Penah coba nasi jagung? Makanan ini memang menjadi saksi perjuangan para pahlawan. Nasi jagung adalah jagung yang diolah hingga menyerupai nasi, sehingga warnanya kuning.

Pada zaman penjajahan dulu, nasi jagung dikonsumsi untuk menambah energi saat perang. Biasanya, nasi jagung disajikan bersama sambal terasi dan bakwan jagung.

Secara ilmiah pun nasi jagung memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama untuk pasien diabetes. Hal ini membuat nasi jagung masih eksis sampai saat ini.

2. Telur Asin

Makanan selanjutnya adalah telur asin. Hmmm, telur ini menjadi makanan istimewa yang mengisi perbekalan pejuang dulu saat perang.

Tahukah teman-teman?

Kandungan nutrisi di dalam telur asin mampu meningkatkan imunitas atau daya tahun tubuh. Selain itu, telur asin tahan lama, mudah dibawa, dan tentu saja lezat.

3. Pisang Rebus

Sejak dulu, tanaman pisang ada di mana-mana, apalagi di area pedesaan. Pisang pun tersedia untuk tamu hamapir di seluruh rumah.