Tahun 2018, Kita Bisa Melihat Bentuk Lubang Hitam yang Sebenarnya

By Cirana Merisa, Rabu, 27 Desember 2017 | 08:33 WIB
Di pusat setiap galaksi di alam semesta, sebagian besar pasti ada lubang hitam. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Tahun 2018 nanti, untuk pertama kalinya, kita bisa melihat lubang hitam. lo.

Memang kita tidak bisa melihat tanpa bantuan teleskop. Namun dengan teleskop milik para astronom, kita bisa melihat gambarnya.

Keberadaan Lubang Hitam

Selama ini, memang para astronom yakin ada lubang hitam di ruang angkasa, tapi mereka belum pernah melihatnya secara langsung.

Mereka hanya memperkirakan keberadaan lubang hitam melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bintang dan benda langit lain di sekitar lubang hitam itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Lubang Hitam yang Bisa Mengisap Benda Langit di Sekitarnya

Lubang Hitam di Galaksi Kita

Di pusat setiap galaksi di alam semesta, terdapat lubang hitam yang siap mengisap benda-benda langit di sekitarnya. Di galaksi kita juga ada lubang hitam, lo.

Namanya Sagittarius A* yang berada pada jarak 26.000 tahun cahaya dari Bumi. Lubang hitam ini termasuk benda langit dengan jarak yang jauh dari Bumi. Maka itu, selama ini para astronom masih kesulitan untuk mengamatinya.

Baca juga: 8 Fakta Seru Seputar Lubang Hitam

Tahun 2018

Sejak bulan April 2017 lalu, para astronom sedang melakukan sebuah proyek untuk mengambil gambar atau memotret lubang hitam Sagittarius A* ini.

Dengan menggunakan teleskop radio, gelombang radio bisa melewati awan dan debu gelap yang ada di sekitarnya sehingga lubang hitam ini bisa terlihat dengan jelas.

Nah, sekarang data dari setiap teleskop radio sedang diproses dan diperkirakan pertengahan 2018 kita bisa melihat gambar pertama lubang hitam.