4 Pemandangan Indah yang Bisa Kita Nikmati di Malam Tahun Baru

By Cirana Merisa, Jumat, 29 Desember 2017 | 05:36 WIB
Pleiades atau Seven Sisters adalah gugus bintang yang berada di rasi Taurus. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Biasanya pada malam pergantian tahun baru, langit dihiasi dengan warna warni kembang api. Namun, ada yang lebih indah dari kembang api, lo, yaitu pemandangan alami di langit.

Bulan Cembung

Pada malam tahun baru nanti, Bulan akan berbentuk cembung. Berada di langit timur, kita bisa menemukan Bulan sekitar 1 jam setelah terbenamnya Matahari.

Pada fase ini, cahaya Bulan lebih terang daripada fase Bulan separuh, walaupun masih lebih redup daripada fase Bulan purnama.

Kalau punya teleskop, teman-teman bisa gunakan itu untuk melihat kawah-kawah Bulan yang indah. Itulah kenapa fase Bulan cembung merupakan fase terbaik untuk diamati dengan teleskop.

Baca juga: Mengapa Terjadi Fase Bulan?

Bintang Aldebaran

Bintang Aldebaran merupakan bintang keempat belas paling terang di langit malam sekaligus merupakan bintang paling terang di rasi bintang Taurus.

Bintang raksasa oranye ini terletak sekitar 65 tahun cahaya dari Bumi. Pada malam tahun baru, bintang ini akan menemani Bulan, tepatnya berada di sisi barat Bulan.

Baca juga: Aldebaran, Bintang Merah Terang Super Besar

Gugus Bintang Pleiades

Pleiades atau yang dijuluki sebagai Seven Sisters merupakan gugus bintang yang berada di rasi bintang Taurus. Gugus bintang ini bisa diamati jelas dengan mata telanjang sekalipun.

Sebenarnya gugus bintang ini terdiri dari seribu lebih bintang. Namun jaraknya yang cukup jauh dengan Bumi, membuat Pleiades terlihat hanya terdiri dari 7 bintang utama, yaitu Alcyone, Celaeno, Electra, Maia, Merope, Taygeta, dan Sterope.

Baca juga: Lintang Kartika dan Legenda 7 Bidadari di Antariksa

Hujan Meteor Quadrantid