Tak Hanya Dalam Cerita, Ternyata Unicorn Pernah Hidup di Bumi, Lo!

By Cirana Merisa, Kamis, 28 Desember 2017 | 07:45 WIB
Unicorn Siberia panjangnya 4,5 meter dengan tinggi 2 meter dan berat 4 ton. (Cirana Merisa)

Bobo.id Unicorn adalah makhluk mitologi yang biasanya hanya ada di dalam cerita yang biasa kita baca atau tonton. Digambarkan sebagai kuda bertanduk, ternyata unicorn ini ada betulan, lo!

Penemuan Fosil

Pada Februari 2016 lalu, sekelompok peneliti menemukan sebuah fosil di Kazakhstan yang setelah diteliti merupakan fosil unicorn Siberia. Fosil ini diperkirakan berusia 29.000 tahun.

Selama ini para peneliti menganggap unicorn Siberia sudah punah sejak 350.000 tahun lalu. Namun penemuan ini menjadi bukti bahwa hewan ini hidup dan berkembang biak di Bumi selama ratusan ribu tahun sampai akhirnya punah.

Baca juga: Unicorn, Kuda Bertanduk yang Ajaib

Tidak Seperti Dalam Dongeng

O iya, fosil yang ditemukan ini menunjukkan bahwa unicorn Siberia ini bentuk tubuhnya tidak seperti unicorn yang sering digambarkan di dalam dongeng.

Unicorn Siberia yang memiliki nama ilmiah Elasmotherium sibiricum ini memang bertanduk, tapi ukuran tubuhnya besar dan tinggi.

Hewan ini memiliki panjang 4,5 meter dengan tinggi 2 meter dan berat sekitar 4 ton, lo! Hasil penelitian ini justru malah membuat unicorn Siberia lebih mirip seperti mamot atau gajah purba daripada kuda.

Walaupun ukurannya besar, ternyata hewan ini merupakan hewan herbivora alias hewan pemakan tumbuhan.

Baca juga: Sedikit Kisah Tentang Unicorn

Tanduk yang panjang

Sebenarnya tanduk unicorn ini tidak ditemukan saat penemuan fosil tersebut. Namun para peneliti memperkirakan unicorn Siberia memiliki tanduk yang besar dan panjang. Panjangnya bahkan bisa mencapai 1 meter.

Kalau benar, berarti cerita Suku Tatar di Siberia juga benar. Suku Tatar memiliki cerita tentang unicorn, yaitu tanduknya yang sangat besar sehingga orang-orang harus menggunakan kereta luncur untuk mengangkutnya!